Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Pamijahan

Authors

  • Jasmani Jasmani Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Yossy Wahyu Indrawan Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Triyadi Triyadi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i4.35696

Abstract

Melalui pengabdian ini, tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti memberikan pelatihan keterampilan, edukasi tentang kesehatan, lingkungan, teknologi, atau bahkan memberikan akses terhadap layanan yang mungkin sulit dijangkau oleh masyarakat tertentu.. Dimana permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Desa Pamijahan Kabupaten Bogor Kabupaten Tangerang adalah masih sulitnya pelaku UMKM dalam mendapatkan pelanggan serta belum dapat menentukan segmen pasar dan menyiapkan strategi yang tepat untuk bisa memasarkan produknya lewat online. Selain pengetahuan pemasaran online yang sangat terbatas dan minim, cara pemasarannya pun masih belum di pahami betul oleh pelaku UMKM di Desa Pamijahan. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan tahap persiapan dan survei lapangan. Tahap survei ini dimulai dengan berdiskusi langsung bersama ketua Desa Pamijahan untuk mengidentifikasi kebutuhan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha UMKM

References

Alma. B. (2015), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta Cummins. J. (2014), Sales Promotion, Jakarta: PPM

Beik, I. S., dan Arsyanti. L. D. (2016), Ekonomi Pembangunan Syariah, Jakarta: Rajawali Pers.

Gandung, M., Suwanto, S., & Sunarsi, D. (2022). Pelatihan Kemampuan Komunikasi bagi Pemuda pada Karang Taruna Kelurahan Kedaung Kota Depok. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(6), 44-48.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Kotler. P., & Amstrong. G. (2016), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler. P., & Keller. K. L. (2016), Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kumala, D., Novianti, Y., & Safitri, N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 6-9.

Kumala, D., Was' an, G. H., & Haryadi, R. N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pemasaran Digital Produk Pakan Ternak pada UMKM Tegal Salam Feed, Bogor, Jawa Barat. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(1), 61-66.

Mullins, J. W., & Walker J. O. C. (2013). Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.

Muniroh, L., Yudhawati, D., & Hurriyaturrohman, (2017). Pelatihan Pemasaran Secara Online Pada UMKM Tas Di Bojong Rangkas Ciampea Kabupaten Bogor. Prosiding LPPM UIKA Bogor, [S.l.], p. 75-82.

Nalini, S.N.L. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. 4(1).

Prabowo, B., Gandung, M., & Suryani, L. (2023). Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat dalam Program Pengembangan Urban di Jabodetabek. Jurnal Pengabdian Tangerang Selatan: JURANTAS, 1(2), 60-69.

Pratomo T. S, Soejoedono A. R. (2002). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rangkuti. F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rintho, R. R. (2018). E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis. 9(2).

Septiano. (2017). Apa Itu Digital Marketing ? Pengertian dan Konsep Dasarnya. Retrieved Maret 01, 2021, from http://www.redtreeasia.com/info/apa- itudigital-marketing-pengertian-dan-konsep-dasarnya/

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani., & Darmadi, (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Sukamanah . ABDI LAKSANA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.1(3). http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v1i3.6869.

Sudaryono, (2016), Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).

Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta. Andi Swastha. B. (2012), Manajemen Penjualan, Edisi 3, Yogyakarta, BPFE

Downloads

Published

2023-10-31