Pengelolaan Kewirausahaan di Era 4G Untuk Peningkatan Kesejatraan di Desa Pamijahan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat

Authors

  • Yan Kristian Halomoan Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Indonesia
  • Retno Japanis Permatasari Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Indonesia
  • Sudiarto Sudiarto Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i4.35697

Abstract

Tujuan dilakukannya pengabdian masyarakat ini adalah: untuk mengetahui bagaimana peluang masyarakat (warga belajar Desa Pamijahan) dalam kewirausahaan di era industry digital 4.0, untuk mengetahui bagaimana menjalankan menejemen kewirausaha pada era industry digital 4.0 di warga belajar Desa Pamijahan dan untuk membangun masyarakat yang berkarakter kuat, mandiri, produktif dan kreatif serta inovatif dalam berwirausaha. Kerangka pemecahan masalah yang telah dirumuskan kemudian direalisasikan oleh tim pengabdi. Beberapa tindakan dalam upaya merealisasikan pemecahan permasalahan tersebut dilakukan dengan 1. Ceramah dan tanya jawab tentang menejemen kewirausahaan dilaksanakan pada tanggal 02 sd 03 September 2023 2. Pelatihan teknis kewirausahaan pada era industry 4.0  dilaksanakan pada tanggal 02 sd 03 September 2023. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada warga belajar pusat kegiatan belajar masyarakat yang dikenal dengan sebutan Desa Pamijahan yang beralamat di Jl Jalan KH.Abdul Hamid KM 08 RT 002/RW 002 Desa: Pamijahan Kecamatan: Pamijahan Kota: Kabupaten Bogor Kode Pos: 16630. Dilakukan pada hari minggu tanggal 02 sd 03 September 2023. Pendampingan dilakukan secara kelompok. Peserta yang mengikuti pengabdian ini  adalah warga belajar pusat kegiatan belajar masyarakat Desa Pamijahan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat program kesetaraan paket B dan paket C, berjumlah 45 orang. Adapun hasil yang didapatkan di dalam pengabdian ini adalah Setiap masyarakat dalam hal ini warga belajar Desa Pamijahan memiliki peluang yang sama dengan masyarakat yang lainnya dalam menjalankan kewiraussahaan di era industry digital 4.0 setelah mendapatka pelatihan dan motivasi dan harus berani untuk memulainya. Menjalankan menejemen kewirausaha pada era industry digital 4.0 dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja tidak mengenal tempat dan waktu dan siapa pelanggannya, terlebih yang menjalankan bisnis tersebut adalah anak-anak muda yang tergolong anak milenial

References

Aziz, T., Haryadi, R. N., Riyanto, S., & Usman, H. M. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2), 49-56.

Baihaqi M. (2019) November 14. Peran E Comer dalam pengembangan UMKM (N.I. Nizar, Interviewer)

Bertus Heri. (2013 Mei 23). Langkah-langkah dalam bisnis online. Unpad. Bandung

Endah Alberthiene. (2011). The Passion Of My Life. Jakarta.

Fahmi Irham. (2011). Manejemen Resiko. Bandung Alfabeta

Hasibuan SP Melayu. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta PT Bumi Aksara

Handoko Tani. (2011). Manejemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Jogjakarta BPFE

Hendro. (2011). Be A Smart and Good Enterpreneur . Jakarta. Media Presindo

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Nizar Indra N. (2019 November 14). Peran E Comer dalam pengembangan UMKM (narasumber)

Putranto Ivan. 2019 November 10. Cara Berwirausaha secara online. (narasumber)

Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).

Sutrisno Edi. (2009). Manejemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Kencana Prananda Media

Winardi J. (2004). Enterpreneur dan Enterpreneurship. Jakarta. Kencana Prananda Media

Gandung, M., Suwanto, S., & Sunarsi, D. (2022). Pelatihan Kemampuan Komunikasi bagi Pemuda pada Karang Taruna Kelurahan Kedaung Kota Depok. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(6), 44-48.

Gunartin, Soffi, Feb Amni, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sebagai Tempat Alternatif Menumbuhkan Kemandirian Wirausaha Warga Belajar (Studi pada PKBM Insan Karya Desa Pamijahan Tangerang Selatan, Jurnal PEKOBIS Volume 3 Nomor 2 Oktober 2018

Gandung, M., Sunarsi, D., & Suwanto, S. (2023). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Taman Belajar Kreatif Duren Mekar Parung Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 98-104.

Gunartin, Denok Sunarsi, Syafaatul Hidayati, Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dengan Membuat Sandal Hias, Jurnal PKM Dharma Laksana Volume 1 Nomor 2 Januari 2019

Prabowo, B., Gandung, M., & Suryani, L. (2023). Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat dalam Program Pengembangan Urban di Jabodetabek. Jurnal Pengabdian Kabupaten Bogor: JURANTAS, 1(2), 60-69.

Sukirno, Sadono. 2016. Ekonomi dan Bisnis. Rajawali Pers. Jakarta.

Sukirno, Sadono. 2015. Pengantar Teori Mikroekonomi. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Downloads

Published

2023-10-31