Pemasaran Pot Tanaman Kreatif dari Botol Bekas Kepada Peserta Didik RA Al–Amanah
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i4.35920Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan saat ini adalah untuk memberikan bekal dan pemahaman berupa pengetahuan, tentang bagaimana menumbuhkan jiwa dan semangat berwirausaha dengan mengelola sampah botol bekas menjadi barang yang bisa diperjual belikan. Untuk membangun peran penting dalam menciptakan lingkungan sehat. Menjelaskan akan pentingnya membersihkan lingkungan, untuk mengurangi limbah sampah plastik di lingkungan sekitar, serta untuk memberitahukan peserta didik bahwa sampah plastik bisa didaur ulang dan diperjual belikan. sehingga anak didik mendapat wawasan dan pengetahuan serta mengetahui manfaat yang akan diperoleh ketika berwirausaha. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah survei dan terjun langsung kelapangan untuk melakukan sosialisasi serta melakukan tanya jawab dengan peserta. Hasil dari pengabdian ini adalah memberikan penyuluhan kepada peserta didik RA AL-AMANAH. Harapan untuk menumbuhkan semangat dan jiwa wirausaha yang dapat diwujudkan di Masyarakat. Pemahaman yang diberikan kepada peserta didik RA AL-AMANAH yaitu percaya diri, berorientasikan tugas dan hasil, pengambilan resiko, kepemimpinan, keorisinilan, berorientasi ke masa depan.
References
Givy Devira Ramady, Ahmad Sujana, Rusman, Andrew Ghea Mahardika, Ninik Sri Lestari. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Botol Plastik sebagai Media Tanam Hidroponik di SDN Sukajadi Baleendah
Iin Wariin Basyari, Iis Yeni Sugiarti, Nurul Ikhsan Karimah. (2022). Daur Ulang Limbah Kertas Menjadi Media Pembelajaran Literasi Peta pada KKG SD Kota Cirebon.
Kumala, D., Novianti, Y., & Safitri, N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 6-9.
Kumala, D., Was' an, G. H., & Haryadi, R. N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pemasaran Digital Produk Pakan Ternak pada UMKM Tegal Salam Feed, Bogor, Jawa Barat. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(1), 61-66.
Muhammad Taufiqurrohman, Maulana Yusuf. (2022). Pemanfaatan Energi Terbarukan dalam Pengolahan Daur Ulang Limbah.
Muldani, V., Marimin, M., & Fahrozi, R. (2022). Peningkatan Pemasaran dan Promosi UMKM Melalui Digitalisasi dan Media Sosial Pondok Pesantren Hidayatullah Depok. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(4), 5-8.
Nasrulloh, M. U., Lailiyah, I. N., Ngaeni, K., Febriyanti, N., Nugroho, G. A., ZR, W. A. A., ... & Suyono, N. A. (2023). Gandeng Para Remaja dalam Digitalisasi Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Desa Pucungbedug, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara Melalui Program “Muda Berkaryaâ€. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6-11.
Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).