Pengelolaan Keuangan untuk Rencana Pembuatan Pot Tanaman Peserta Didik RA Al - Amanah

Authors

  • Zakia Zulfa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Siti Zahra Nurafni Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Bella Margareta Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Ainun Azka Farista Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Felli Alfianto Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i4.35921

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan saat ini adalah untuk memberikan bekal dan pemahaman berupa pengetahuan, tentang bagaimana mengelola keuangan dan memanfaatkan botol bekas sehingga anak didik mendapat wawasan dan pengetahuan serta mengetahui manfaat yang akan diperoleh ketika mengelola barang bekas menjadi pot tanaman. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah survei dan terjun langsung kelapangan untuk melakukan sosialissasi serta melakukan tanya jawab dengan peserta. Hasil dari pengabdian ini adalah memberikan penyuluhan kepada peserta didik RA AL-AMANAH untuk menumbuhkan kesadaran dalam mengelola barang bekas menjadi nilai jual yang dapat diwujudkan di Masyarakat. Pemahaman yang diberikan kepada peserta didik RA AL-AMANAH yaitu kreatifitas, berorientasikan tugas dan hasil, inovasi, dan berorientasi ke masa depan.

References

A. R. Manao, A. N. (2022). Pemanfaatan Limbah Botol Menjadi Pot Bunga Pada Masyarakat Desa Delitua Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang. SENASHTEK, 1-9.

Amelia, S. D. (2020). Analisis Pendayagunaan Limbah Plastik Menjadi Ecopaving Sebagai Upaya Pengurangan Sampah. Indonesian Journal of Conservation 9(2), 97-98.

Elfianis, R. (2023). 7 Strategi Pengelolaan Keuangan Bagi Pemula. Retrieved from ritaelfianis.id: https://ritaelfianis.id/strategi-pengelolaan-keuangan/

M. M. Imron, M. M. (2023). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Menjadi Pot Buanga Sebagai Dekorasi Taman. JURNAL ABDI MASYA, 46-51.

Masnur, M. F. (2021). Edukasi Pengelolaan Sampah Botol Plastik Menjadi Pot Tanaman. Batara Wisnu Journal.

Nindya, S., Cantrika, D., Murti, Y. A., Widana, E. S., & Gede, I. (2022). Edukasi Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik. Bumbungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 352-357.

Wahyono, E. d. (2012). Pengelolaan Sampah Plastik:Aneka kerajinan dari Sampah Plastik. Bogor.

Downloads

Published

2023-10-31