Workshop Financial Literacy Untuk Siswa SMK SASMITA

Authors

  • Kiki Dwi Wijayanti Universitas Pamulang
  • Yossy Wahyu Indrawan Universitas Pamulang
  • Elizabeth Tika Kristina Hartuti Universitas Pamulang
  • Zaenal Abidin Universitas Pamulang
  • Ade Yusuf Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i1.9893

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi serta memberikan penyuluhan bagi anak, khususnya anak dalam usia sekolah (pelajar), agar dapat mengatur  keuangan dan bisa memperioritaskan antara kebutuhan primer, skunder, dan tersier. Kegiatan pengabdian ini mengambil tema “Workshop Financial Literacy Untuk Siswa Sma 6 Tangerang Selatan. Beberapa materi pengelolaan keuangan, khususnya untuk siswa yang mendapatkan uang dari pekerjaan sampingan bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk dilaksanakan oleh remaja menuju kemandirian ataupun kebebasan finansial atau financial freedomMetode kegiatan pengabdian yang digunakan adalah pendekatan kekinian dengan metode diskusi berkelompok sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh siswa SMA 6 Tangerang Selatan yang rata-rata adalah pemuda dan remaja milenial yang up to date dengan keadaan saat ini. Pada metode penjelasan, setiap instruktur menyampaikan materi terkait dan membuat tampilan visual berupa slide power point yang ditampilkan ke layar dengan LCD proyektor.

Kata Kunci: Financial Literacy, Financial Freedom


This activity aims to motivate and provide counseling for children, especially children of school age (students), in order to manage finances and be able to prioritize primary, secondary and tertiary needs. This service activity takes the theme "Financial Literacy Workshop for Senior High School 6 Tangerang Selatan Students. Some financial management materials, especially for students who get money from a side job can be the right first step for teenagers to take towards independence or financial freedom or financial freedom The method of service activities used is a contemporary approach with a group discussion method so that it is easier for students to understand. SMA 6 Tangerang Selatan, which on average is millennial youth and adolescents who are up to date with current conditions. In the explanation method, each instructor delivers related material and makes a visual display in the form of a power point slide that is displayed on the screen with an LCD projector.

Keywords: Financial Literacy, Financial Freedom

References

Baron-Donovan, C., Wiener, R. L., Gross., K., & Block-Lieb, S. 2005. Financial literacy teacher training: A multiple-measure evaluation. Financial Counseling and Planning, 16(2), 63–75.

Barsah, A., Sudarso, A. P., & Sunarsi, D. (2020). Analisis Pengaruh Pengajaran dan Sertifikasi Guru terhadap Kompetensi Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Wilayah Parung Panjang Kabupaten Bogor. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 650-657.

Bernheim, B. D., Garrett, D. M., & Maki, D. M. 1997. Education and Saving: The Long-Term Effects of High School Financial Curriculum Mandates. National Bereau of Economic Research. Working Paper 6085.

Chen, H., & Volpe R. P. 1998. An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. Financial Services Review, 7(2), 107-128.

Child and Youth Finance International. 2016. Training Course on: Fostering National Financial Education Strategies. Podgorica: CYFI and GIZ.

Deng, H., Chi, L., Teng, N., Tang., & Chen, C. 2013. Influence of Financial Literacy of Teachers on Financial Education Teaching in Elementary School. International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 3(1), pp. 68-73.

Dewi, R. V. K., Sunarsi, D., & Akbar, I. R. (2020). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK Ganesa Satria Depok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 1001-1007.

Hermawati, R., Sugiyarti, L., Handayani, R., Sunarsi, D., Alfiah, S., & Maddinsyah, A. (2020). The Effect of Trilogy Leadership Style and Organization Culture on School Performance: Evidence form Indonesian Senior High School. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(6), 8512-8537.

Kasmad, K., Mustakim, M., & Sunarsi, D. (2020). Influences of Price, Promotion, and Service quality on Communities’ Interest in Choosing Vocational High School. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 233-243.

Paeno, P., Kasmad, K., Sunarsi, D., Maddinsyah, A., & Supiyan, D. (2020). Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Rumah Tangga Taman Belajar Kreatif Mekar Sari. Baktimas: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 57-61.

Sampurnaningsih, S. R., Andriani, J., Zainudin, Z. A. B. A., & Sunarsi, D. (2020). The Analysis of Entrepreneurship Character and Entrepreneurship Intention among Students. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(6), 8290-8303.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.

Downloads

Published

2021-03-16

Issue

Section

Articles