Pembinaan Usaha Secara Online Untuk Meningkatkan Pemasaran Di Masa Pandemic Covid-19

Authors

  • Munarsih Munarsih Universitas Pamulang
  • Rissa Hanny Universitas Pamulang
  • Syarifah Ida Farida Universitas Pamulang
  • Ninik Anggraini Universitas Pamulang
  • Heri Priyanto Universitas Pamulang
  • Achmad Fauzi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i1.9906

Abstract

Tujuan kegiatan adalah untuk melakukan pembinaan secara online untuk meningkatkan pemasaran di masa pandemic covid-19 pada warga yang berwirausaha di Jl. Raya Kabasiran km.2, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Hal ini karena pemerintah menyarankan untuk melakukan kegiatan tidak diluar rumah atau WFH (Work From Home) di masa pandemic covid-19. Metode pelaksanaan adalah dengan memberikan pelatihan, memberikan implementasi manajemen pemasaran, memberikan pembinaan usaha secara online untuk meningkatkan pemasaran di masa pandemic covid-19 pada warga yang berwirausaha serta memberikan warga pelatihan membuat rencana untuk meningkatkan pemasaran secara online. Ketercapaian target materi pada kegiatan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) dilaksanakan cukup baik, karena materi pembinaan dan implementasi manajemen pemasaran sebagai persiapan meningkatkan pemasaran secara online untuk meningkatkan perekonomian warga terutama bagi warga yang berwirausaha telah disampaikan secara keseluruhan. Secara keseluruhan kegiatan pembinaan dan implementasi manajemen pemasaran sebagai persiapan meningkatkan pemasaran secara online telah tersampaikan dengan baik terutama bagi warga yang sedang berwirausaha.

Kata Kunci : Pembinaan dan Implementasi, Manajemen Pemasaran

 

The aim of the activity is to provide online guidance to improve marketing during the Covid-19 pandemic for entrepreneurial citizens on Jl. Raya Kabasiran km.2, Parung Panjang District, Bogor Regency. This is because the government recommends carrying out activities not outside the home or WFH (Work From Home) during the Covid-19 pandemic. The method of implementation is to provide training, provide marketing management implementation, provide online business coaching to improve marketing during the Covid-19 pandemic to entrepreneurial citizens and provide training citizens to make plans to increase online marketing. The achievement of material targets in PkM (Community Service) activities is carried out quite well, because the material for guidance and implementation of marketing management as preparation for increasing online marketing to improve the citizen's economy, especially for entrepreneurial citizens, has been delivered in its entirety. Overall, the activities of coaching and implementing marketing management in preparation for improving online marketing have been well conveyed, especially for citizens who are entrepreneurs.

Keywords: Coaching and Implementation, Marketing Management

References

Affandi, A. (2020). Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.

Ahidin, U., Abidin, A. Z., Halomoan, Y. K., Permatasari, R. J., & Sunarsi, D. (2020). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Milenial Karang Taruna Kelurahan Pamulang Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 72-76.

Ajimat, A., Sunarsi, D., & Sidiq, F. (2020). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.

Akbar, Irfan Rizka,. (2018) Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru (Study Kasus Pada Smk Muhammadiyah Parung). Masters thesis, Universitas Pamulang.

Anderson, R., & Joanna, K. (2009). Equity in Health Service, Emperical Analysis.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714.

Gumilar, I., Sunarsi, D. (2020). Comparison of financial performance in banking with high car and low car (Study of banks approved in the kompas 100 index for the period 2013-2017). International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 7

Guntur Setiawan. 2004. “Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunanâ€. Balai Pustaka. Jakarta.

Hidayat, D., Prabowo, B., & Anwar, S. (2020). Organizational Leadership and Conflict in Human Resource Management Review. Solid State Technology, 63(6), 1372-1381.

Maddinsyah, A., Sunarsi, D., Hermawati, R., Pranoto. (2020). Analysis of location selection effect on the user decision that influcence the success of the service business of micro, small and medium enterprise (MSME) in bandung timur region. International Journal of Advanced Science and Technology. Vol. 29 No. 06

Munarsih, (2019). Analisis Strategi Pelaksanaan Pelayanan Pendidikan pada SDIT Bina Cendekia – Depok. Jurnal Kompetitif, Vol 2, No 3, 136-155.

Notoatmodjo, S. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurdin Usman. 2002. “Konteks Implementasi Berbasis Kurikulumâ€. Grasindo. Jakarta.

Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.

Putranto, A. T., Widodo, A. S., Hanny, R., Septiani, F., & Armansyah, A. (2020). Melalui PkM Universitas Pamulang: Mari Kita Tingkatkan Jejaring Pemasaran POSYANTEK dalam Menyongsong Era Industri 4.0. Abdi Laksana, 1(2).

Rozi, A., Agustin, F., Hindriari, R., Rostikawati, D., & Akbar, I. R. (2020). The Effect Of Leadership On Employee Performance at PT. Stella Satindo In Jakarta. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(1).

Sarwani, S., Akbar, I. R., Handoko, A. L., & Ilham, D. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Lion Mentari Airlines Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 91-100.

Sidharta, I., Priadana, M. S., & Affandi, A. (2019). Innovative behavior: the study of intellectual capital effect on creative fashion industry in Bandung, Indonesia. Problems and Perspectives in Management, 17(4), 404.

Sofyan, S., Prasada, D., & Akbar, I. R. (2020). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP/MTs Muhammadiyah Cabang Sawangan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, Volume 11, Issue 2a, Pages 44-55

Stoner, J. A., Freeman, R. E., & Gilbert, D. R. JR.(2000). Management.

Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa RZIS UGM Dan Dompet Shalahuddin Jogjakarta. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 51-60.

Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193.

Sunasi, D., Kusjono, G., & Nuryana, I. (2019). Pelatihan Manajemen Penguasaan Kelas Dan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Tenaga Pengajar Sukarela Taman Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 41-44.

Susanto, J. (2012). Pengaruh Pemasaran Online. Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Website www. pagarkanopi. com). Tesis, Universitas Pamulang.

Downloads

Published

2021-03-16

Issue

Section

Articles