WACANA LEGALISASI GANJA MEDIS PADA MEDIA DIGITAL (Studi Critical Discourse Analysis dalam website lgn.or.id pada kasus Fidelis Ari)

Authors

  • Hielmy Padilah
  • Nouval Sesar Pratama

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah studi yang secara kritis menganalisa portal media online, yakni lgn.or.id. Terdapat praktik yang terjadi pada pewacanaan legalisasi ganja medis yang melibatkan kasus Fidelis Ari. Menemukan bagaimana wacana legalisasi ganja medis diartikulasikan pada media online LGN, peneliti mengaitkan beberapa konsep yang saling berkaitan. Beberapa konsep tersebut antara lain adalah legalisasi sebagai resistensi, media sebagai strategi legalisasi, internet sebagai medium counter-discourse, hegemoni media dan Negara dalam diskursus dominan. Penelitian ini mengacu pada paradigma kritis. Dalam menganalisis, penelitian ini menggunakan Critical Discourse Analysis (CDA) model Norman Fairclough.

Dengan membahas dimensi teks, praktik wacana, praktik sosio-budaya melalui teks artikel lgn.or.id pada kasus Fidelis Ari. Penelitian ini menunjukkan bahwa wacana legalisasi ganja medis yang diartikulasikan dalam dimensi teks seperti pada website LGN memunculkan sikap resisten terhadap UU Narkotika No.35 tahun 2009. Artikulasi wacana sikap resisten tersebut didukung dengan melihat „UU Narkotika‟ sebagai regulasi yang membawa nilai anti-kemanusiaan. Terdapat dualisme antara LGN dan BNN sebagai representasi negara yang menolak legalisasi ganja medis.

Kata Kunci: Diskursus, resistensi, legalisasi, ganja medis, Undang-undang Narkotika, pasar gelap.

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku

Azwar, Saiffudin., Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya., Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003

Narayana, Dhira dkk., Hikayat Pohon Ganja., Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2011

BAPPENKAR, Perang Total Melawan Narkotika. Surabaya: BAPPENKAR Jawa Timur, 1972

Eriyanto. 2005, Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKis.

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles