Analisis Pengelolaan Persediaan Barang Dagang pada Perusahaan Herbal

Authors

  • Saksono Budi Universitas Pamulang
  • Fitri Caesar Wulandari

Keywords:

Management, inventory, internal control

Abstract

PT. Natural Indah Perkasa is a company engaged in the marketing of herbal products, which is well known among the public for product quality and very affordable prices and has been legalized by BPOM (Food and Drug Administration). This study aims to determine the internal control system for inventory that is applied by PT. Natural Indah Perkasa already has written rules to carry out inventory management. Errors in carrying out inventory control can lead to fraud and losses in inventory management. The method used in this research is descriptive method, with data collection techniques through observation and interviews. The results of the study indicate that all parts of the company have carried out the procedures that have been set by the company from the start of purchasing, recording, storing goods and selling. The regulations applied by the company tend to be still vulnerable to risks and are not in accordance with the opinions expressed by several accounting experts.

 

Keywords: Management, inventory, internal control

 

 

ABSTRAK

 

PT. Natural Indah Perkasa adalah perusahaan yang bergerak dibidang pemasaran produk herbal, yang sudah terkenal dikalangan masyarakat akan kualitas produk dan harga yang sangat terjangkau serta sudah berlegalitas BPOM ( Badan Pengawan Obat dan Makanan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengendalian internal terhadap persediaan barang yang diterapkan oleh PT.Natural Indah Perkasa telah memiliki aturan tertulis untuk melaksanakan pengelolaan persediaan barang. Kesalahan-kesalahan dalam melaksanakan pengendalian persediaan barang dapat menyebabkan kecurangan dan kerugian dalam pengelolaan persediaan barang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan teknikpengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh bagian dalam perusahaan telah menjalankan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan perusahaan dari mulai pembelian, pencatatan, penyimpanan barang dan penjualan. Peraturan yang diterapkan perusahaan cenderung masih rentan dengan resiko-resiko dan belum sesuai dengan pendapat yang disampaikan oleh beberapa ahli akuntansi.

 

Kata Kunci : Pengelolaan, persediaan barang, pengendalian internal

 

References

Alleonardo, H. (2014). Jenis-Jenis Barang Dagang. Jurnal Polsri, 6, 7–17.

Budi, S. (2019). Analisis Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang Terhadap Tingkat Laba Serta Dampaknya Terhadap Harga Saham https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v4i2.y2019.p1098-1117

Cahyono. (2012). Sistem pengendalian internal. 1–120.

Ekonomi, J. P., & Ganesha, U. P. (2014). Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada. 166–180.

Fitria. (2013). ANALISIS PENDEKATAN KUALITATIF. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kusuma, N. I. (2014). Analisis Sistem Pengendalian Iternal Persediaan Pada Toko Pertani Boyolali. Jurnal Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 1–28.

Maruta, H., Alam, S., & Keuangan, L. (2015). Pengendalian Internal Dalam. 16–28.

Maulana, M. S. R. (2017). efektivitas dan efisiensi pengolahan bahan baku. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Nurmawati, E. (2012). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Mulia Toserba Dan Swalayan Godean Sleman Yogyakarta). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Mulia Toserba Dan Swalayan Godean Sleman Yogyakarta), 9. https://eprints.uny.ac.id/8757/

Soliha, E. (2013). Analisis Industri Ritel di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 15(2), 128–142.

https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/307/

Tachfouti, N. (2014). Strategi manajemen sumber daya manusia dan perannya dalam pengembangan keunggulan bersaing (2016th ed.). 2016.

Downloads

Published

2021-07-03