Analisis ramalan penjualan pada the coffee bean & tea leaf dengan menggunakan metode least square (Studi Kasus Ramalan Pada The Coffee Bean & The Leaf 2021-2022)

Authors

  • Davi Ramadhan
  • Ririn Sari Dewi

Keywords:

Least Square Method, Sales

Abstract

Sales is a part of promotion and promotion is one part of the whole marketing system. Sales forecast is a realistic estimate of actual sales in rupiah or units that the company expects to achieve in the coming period according to the marketing plan and anticipated external environmental conditions. This study aims 1) to determine the analysis of sales forecasts at The Coffeee Bean &Tea Leaf for the perod 2021 to 2022 2) to determine the analysis of the sales forecast conditions of The Coffeee Bean & Tea Leaf 2021 to 2022 with the last square method. The data analysis method in this study used quantitative methods with descriptive analysis. The results obtained from sales calculations using the Last Square method in 2019 experienced the highest sales increase and the decline in 2020 was the lowest sales decline. In 2021, the sales forecast using the Last Square method will increase by 16.9% and in 2022, sales will decrease by 15.1%. Meanwhile, forecast conditions that affect sales results include low purchase value even though the number of visitors has increased, product stock vacancies, services provided to customers, facilities, and the implementation of PSBB during the Covid 19 pandemic.

 

Abstrak

Penjualan adalah bagian dari promosi dan promosi adalah salah satu bagian dari keseluruhan sistem pemasaran. Prakiraan penjualan merupakan perkiraan realitis dari penjualan aktual dalam rupiah atau unit yang diharapkan perusahaan untuk dicapai pada periode yang akan datang sesuai dengan rencana pemasaran dan dalam kondisi linkungan eksternal yang di antisipasi. Penelitian ini bertujuan

1) untuk mengetahui analisis ramalan penjualan pada The Coffee Bean & The Leaf periode 2021 sampai 2022. 2) untuk mengetahui analisis kondisi ramalan penjualan The Coffee Bean & TeaLeaf 2021 sampai 2022 dengan metode last square. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh dari perhitungan penjualan menggunakan metode Last Square pada tahun 2019 mengalami kenaikan penjualan tertinggi dan penurunan pada 2020 merupakan penurunan penjualan terendah. Pada tahun 2021 dari hasil ramalan penjualan menggunakan metode Last Square akan mengalami kenaikan sebesar 16,9% dan pada 2022 akan mengalami penurunan penjualan sebesar 15,1%. Sedangkan kondisi ramalan yang mempengaruhi hasil penjualan diantaranya nilai beli rendah meskipun jumlah pengunjung mengalami kenaikan, kekosongan stok produk, pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, fasilitas, dan pemberlakuan PSBB masa pandemik Covid 19.

References

Anggraini, L. S. (2020). Peranan Promosi Melalui Advertising Terhadap Pencapaian Penjualan Polis Padapt. Asuransi Takaful Indonesia, Cabang Sangatta. Jurnal Eksis, 14(2).

Cahya, A. R (2020) Ramalan Penjualan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional:Kediri

Faizah, S. (2015). Perancangan Program Penjualan Barang Secara Tunai Pada Toko Perlengkapan Anak. Jurnal Sistem Informasi, 4(2), 208-214.

Fikri, I. M. (2018). Aktivitas Penjualan Mobil Baru Kategori Low Cost Green Car Pada Pt. Intercom Mobilindo Padang (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas).

Hasan, N. M. (2017). Penerapan Metode Least Square Dalam Menentukan Stok Pulsa Pada Konter Roses Cell. Jurnal. Jurusan Teknik Informatika. Fakultas Teknik. Kediri: Universitas Nusantara Pgri Kediri.

Husein,Umar.2010. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis Edisi 11 Jakarta : Pt.Raja Grafindo Persad

(Khotimah & Budi, 2020)Khotimah, H., & Budi, S. (2020). Analisis Peran Inovasi, kompetensi Akuntansi,dan Dukungan Pemerintah terhadap Daya Saing UMKM Kota Tangerang Selatan. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi. 5(2), 117–130.

Ilmiddaviq, M. B. (2020). Pengaruh Harga Pokok Penjualan Dan Biaya Operasional Terhadap Tingkt Pengembalian Modal Studi Kasus Pada Pt. Indofood Sukses Makmur. Tbk (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Majapahit).

Indah, D. R., & Rahmadani, E. (2018). Sistem Forecasting Perencanaan Produksi Dengan Metode Single Eksponensial Smoothing Pada Keripik Singkong Srikandi Di Kota Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (Jensi), 2(1), 10-18.

Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2016). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, Dan Pendidikan.

Nugraha, K. (2018). Penerapan Metode Peramalan Untuk Menyusun Perencanaan Produksi Pada Konveksi Abye Graffindo (Doctoral Dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unpas Bandung).

Permatasari, I. K. (2019). Analisis Trend Penjualan Dengan Metode Least Square Pada Apotek Swasta Surabaya. Jurnal Mitra Manajemen, 3(3), 283-298.

Rahmawati, N. (2012). Forecasting Penjualan Sepeda Motor Kawasaki Pada Pt. Sumber Buana Motor Yogyakarta Tahun 2013â€.

Sari, M. T. (2019). Analisis Peramalan Penjualan Untuk Menentukan Rencana Produksi Pada Ud Rifa’i. Growth, 14(2), 17-30.

Savitri, N. K. (2016). Penerapan Peramalan Penjualan (Sales Forecast) Roti Sebagai Dasar Penyusunan Perencanaan Produksi Pada Ciwawa Cake And Bakery (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Unpas).

Sudana, I. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori & Praktik.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis.Bandung : Penerbit Alfabet

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta

Widajanti, E., & Suprayitno, S. (2020). Implementasi Metode Least Square Untuk Memprediksi Penjualan Susu Perah (Studi Pada Kud Cepogo Kabupaten Boyolali). Research Fair Unisri, 4(1).

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15, 22.

Wijayanti, M. (2017). Analisa Peramalan Penjualan Produk Susu Kental Manis Carnation Pada Cv Pangan Makmur Irja Sorong. Jurnal Pitis Akp, 1(1), 78-91.

Yudiaatmaja, F. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Pada Ud. Wayan Fiber Glass Singaraja Tahun 2014. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1).

Downloads

Published

2021-12-06