Analisis penjualan sparepart dan service pada bengkel Mora Jaya Motor dimasa pendemi covid-19
Keywords:
Sales Income, Product Marketing, Covid-19 PandemicAbstract
The purpose of this study was to determine the sales of spare parts and service for the Mora Jaya Motor Workshop before and during the Covid-19 period starting from October 2019 to September 2020 and to find out the factors that caused the Mora Jaya Motor Workshop to experience problems in marketing products. This type of research is qualitative, the method used is descriptive qualitative analysis. The data used is the income of the Mora Jaya Motor Workshop in the period October 2019 to September 2020. The data collection methods are interviews and documentation. The result of the research is that the income of the Mora Jaya Motor Workshop has fluctuated and tends to decline, but the store's operations are still operating. The Mora Jaya Motor Workshop decided to continue to develop its business through the use of social media, marketplaces, and digital platforms that are currently trending. The influencing factors are social restrictions imposed by the government, people's incomes are below normal, buying and selling activities have decreased, raw materials are difficult to obtain and expensive products, the absence of financial reports, less use of social media.
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan penjualan sparepart dan service Bengkel Mora Jaya Motor Sebelum dan dimasa Covid-19 terhitung dari bulan Oktober 2019 sampai dengan September 2020 serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan Bengkel Mora Jaya Motor mengalami kendala dalam memasarkan produk. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif, Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah pendapatan Bengkel Mora Jaya Motor pada periode Oktober 2019 sampai September 2020. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah pendapatan Bengkel Mora Jaya Motor mengalami fluktuatif dan cenderung menurun, namun operasional toko hingga saat ini masih beroperasi. Bengkel Mora Jaya Motor memutuskan untuk terus mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan media sosial, marketplace, dan platform-platform digital yang sedang tren saat ini. Faktor yang mempengaruhi adalah pembatasan social yang diterapkan oleh pemerintah, pendapatan masyarakat dibawah normal, aktivitas jual beli mengalami penurunan, bahan baku yang sulit di dapat serta mahalnya produk, tidak adanya laporan keuangan, kurang memanfaatkan media sosial.
References
Andi Amri. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 123-130.
Baridwan, Z. (2004). Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan. Yogyakarta: BPFE.
Carl S. Warren, dkk. (2014). Accounting Indonesia Adaptation. Jakarta: Salemba Empat.
Dharmmesta, B.S. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Harti, D. (2011). Modul Akuntansi 1A, untuk SMK dan SMA. Jakarta: Erlangga.
Harahap, S.S. Drs. (2007). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Cetakan ke-7. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Harrison Jr., Walter T., et al. (2012). Akuntansi Keuangan IFRS Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Hery. (2014). Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: Kompas Gramedia
Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Pres.
KHOTIMAH, Husnul; BUDI, Saksono. Analisis Peran Inovasi, Kompetensi Akuntansi, dan Dukungan Pemerintah terhadap Daya Saing UMKM Kota Tangerang Selatan. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 117-130, dec. 2020. ISSN 2614-3291. Available at: <http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/keberlanjutan/article/view/7953>. Date accessed: 24 jan. 2022. doi:http://dx.doi.org/10.32493/keberlanjutan.v5i2.y2020.p117-130.
Juniarty Ismail. (2021). Analisis Dampak Covid 19 pada UMKM Provinsi Gorontalo. Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 10(2), 238-252.
Jusup, A.H. (2011). Dasar-Dasar Akuntansi. Yogyakarta: STIE YKPN.
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Kieso. (2013). Financial Accounting: IFRS Edition. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.
Lantip. (2016). Mahir Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Kalimedia.
Mulyadi. (2017). Sistem Akuntansi. Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.
Nugraha, L.A. (2011). Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendapatan, dan Sikap Kewirausahaan terhadap Pendapatan Usaha Pengusaha Industri Kerajinan Perak di Desa Sodo Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunung Kidul. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nur Sindi Janati, M. Rusdi, & Melis. (2021). Analisis Dampak pandemic Covid-19 terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Industri Rumahan Kemplang di Wilayah Jakabaring Palembang). E-Economics: A Research Journal on Islamic Economics, 7(1), 74-81.
Puspitawati, L., & Anggadini, S.D. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Graha Ilmu.
Reeve, James M, Carl S. Warren, Jonathan E, Duchac, Ersa Tri Wahyunu, Gatot Supriyanto, Amir Abadi Jusuf, Chaerul D. Djakman. (2009). Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Rizky Asikawati. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 yang Mempengaruhi Proses Pemasaran dan Pendistribusian Produk Sparepart Mobil di PT. Fajar Motor Cabang Surabaya. STIAMAK Barunawati Surabaya.
Rudianto (2009). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Samryn, L. M. (2014). Pengantar Akuntansi. Edisi IFRS. Jakarta: Rajawali Pers.
Sodikin, S.S., & Riyono, B.A. (2014). Akuntansi Pengantar I. Yogyakarta: STIM YKPN.
Subagyo, J. (2011). Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiri. (2015). Akuntansi Manajemen-Sebuah Pengantar. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V.W. (2015). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Suwaldiman. (2005). Tujuan Pelaporan Keuangan: Konsep, Perbandingan, dan Rekayasa Sosial. Yogyakarta: Ekonisia FE UII 2005.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Winardi. (2011). Motivasi Pemotivasian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yusuf, A.M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.