Analisis efektivitas penjualan dan penagihan piutang
Keywords:
e-purchasing, Piutang Dagang, Penjualan KreditAbstract
This study aims to determine the procedures for selling on credit by e-purchasing through the e-catalog system and knowing the procedures for collecting receivables or remiss that have passed the due date (overdue). This research method is descriptive qualitative analysis. Data collection techniques were conducted by interview, observation, and documentation. The results of this study explain that the sales procedure at PT Megah Medika Pharma follows applicable standard operating procedures and also following accounting standards. Nevertheless, the sales process through the e-catalog system is doubtful.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penjualan secara kredit dan secara e-purchasing melalui sistem e-katalog dan mengetahui prosedur penagihan piutang atau Remisa yang sudah lewat dari batas jatuh tempo (overdue). Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa prosedur penjualan pada PT Megah Medika Pharma sudah sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku dan juga sudah sesuai dengan standar akuntansi hanya saja proses penjualan melalui sistem e-katalog belum sempurna.
References
Lipson, A., Lispson, S. ., & Lipson, H. (2019). Prosedur penagihan. Cambridge University Press, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nurwahyuni, S, R. (2017). Analisis Pengendalian Interen Atas Prosedur Pengeluaran Kas Pada PT. Pilar Teknik Palembang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8.
Pasaribu. (2018). Hambatan Penjualan. Pelaksanaan Penjualan Produk Busana Casual Pada PT Gilang Garmindo Jakarta, 7–17.
Purnama, C. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168.
Putri, P. A. (2020). Penerapan Akuntansi Piutang Usaha Pada Pt. Indra Karya (Persero) Divisi Usaha Khusus Dan Investasi. Thesis, 71(71), page 6. http://repository.stei.ac.id/1113/
Spaulding, M. L., Guyomarch, J., Le Floch, S., Merlin, F. X., Shagapov, V. S., Galiakbarova, E. V., ... & Xie, H. (2002). Principals as Leaders in a Culture of Change. Spill Science and Technology Bulletin, 8(1), 698-703.
Suraatmaja, D. (2015). Pengaruh Penerapan Prosedur Penjualan Dan Manfaat Anggaran Penjualan Terhadap Efektivitas Penjualan (Studi pada PT Pupuk Kujang (Persero) Cikampek) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Unpas).
Swastha, B. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Volume Penjualan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ulya, A. (2019). Tinjauan Atas Prosedur Penagihan Piutang Usaha Pada Pt.Trengginas Jaya Bandung. Journal of Chemical Information and Modeling, 75(9), 8.
Wijaya, & Irawan. (2018). Pengertian Prosedur Dalam Manajemen Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699