Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Penjualan Kredit dan Penerimaan Kas dari Piutang dalam Mendukung Pengendaliann Internal Perusahaan

Authors

  • Vitri Ratu Aulia Universitas Pamulang
  • Ririn Sari Dewi Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRACT

This study aims to: 1) know how to apply the credit sales accounting system at PT. Lentera Hati. 2) knowing how to apply the accounting system for cash receipts from accounts receivable at PT. Lentera Hati. 3) knowing whether the implementation of a credit sales accounting system and cash receipts from accounts receivable has been effective yet in supporting the internal control of PT. Lentera Hati. This research was a qualitative approach. Data collected by observation, interview, and documentation method. The result of this research founded that the credit sales accounting system and cash receipts from accounts receivable at PT. Lentera Hati has been implemented quite well and is effective in supporting the internal control of PT. Lentera Hati. As for other factors that hinder the effectiveness of PT. Lentera Hati is : Lack of numbers of employees for several parts so that there are still a number of parts that also function at PT. Lentera Hati.

 

Keywords : Credit Sales Accounting System, Accounting System Cash Receipt from Receivables

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bagaimana penerapan sistem akuntansi penjualan kredit pada PT. Lentera Hati, 2) Mengetahui bagaimana penerapan sistem akuntansi penerimaan kas dari piutang pada PT. Lentera Hati, dan 3) Mengetahui apakah penerapan sistem akuntansi penjualan kredit dan penerimaan kas dari piutang sudah efektif belum dalam mendukung pengendalian intern PT. Lentera Hati. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sistem akuntansi penjualan kredit dan penerimaan kas dari piutang pada PT. Lentera Hati sudah diterapkan dengan cukup baik dan efektif dalam mendukung pengendalian intern PT. Lentera Hati. Adapun faktor lain yang menghambat efektifitas di PT. Lentera Hati adalah : Kurangnya jumlah karyawan untuk beberapa bagian sehingga masih terdapata beberapa bagian yang merangkap fungsinya pada PT. Lentera Hati.

 

Kata kunci : Sistem Akuntansi Penjualan Kredit, Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Dari Piutang

References

A Hall, James. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat.

Dewi Paramita Sari, Siti Ragil Handayani & Dwi Atmanto. 2015. Analisis Sistem Akuntansi Penjualan Kredit Dan Sistem Akuntansi Penrimaan Kas Dari Piutang Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pengendalian Intern. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 22.

Krismiaji. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Marlina. 2008. Analisis Pengendalian Intern Piutang Usaha dalam Upaya meningkatkan efektivitas pengendalian intern di perusahaan pembiayaan PT. FIF dan PT. Summit Oto Finance Cabang Makasar.

Marom, Chairul. 2008. Sistem Akuntansi Perusahaan Dagang. Edisi 3. Jakarta : Grasindo.

Monica. 2012. Flowchart Penerimaan Kas Dari Piutang. Dikutip April 2012 dari wordpress:https://bq3monica.wordpress.com/2012/04/28/flowchart-penerimaan-kas-dari-piutang/.

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat

Downloads

Published

2020-12-15