Analisis Pemberian dan Pengelolaan Kredit Usaha Rakyat

Authors

  • Idhar Kamulan Universitas Pamulang
  • Budi Setyawan Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRACT

The aim of this study how to administer the procedure people’s bussines credit (KUR) in Bank BRI branch Roxi, how is the disbursement system and credit management after being disbursed,  and to find how to record disbursement transactions, and credit installments the Bank BRI branch Roxi. In the results of studyit can be concluded that the procedure of administration  peopleâ€s bussines credit at Bank BRI branch Roxi according to criteria of Bank Indonesia and according  with the director’s decree No: SE.15-DIR/KSM/11/2018 about the stage of credit aplication, credit worthiness test, and credit approval. The credit disbursement process involved several parties. This aims avoid misuse of credit dusbursment. After credit is disbursed Bank BRI continues to monitor and guide credit until it is paid off. However  the loan disbursment  process is still relatively old and inefficient. This is because manual filling is still widely used by workers. Whereas  from Bank BRI it has provided a system that is directly integrated online to various stakeholders.

 

Keywords: Provision and management of kredit

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana tata cara penatausahaan kredit usaha rakyat (KUR) di Bank BRI cabang Roxi, bagaimana sistem pencairan dan pengelolaan kredit setelah dicairkan, serta untuk mengetahui cara pencatatan transaksi pencairan, dan cicilan kredit pada Bank BRI cabang. Roxi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tata cara penatausahaan perkreditan rakyat pada Bank BRI cabang Roxi sesuai kriteria Bank Indonesia dan sesuai dengan keputusan direktur No: SE.15-DIR / KSM / 11/2018 tentang tahap permohonan kredit, uji kelayakan kredit, dan persetujuan kredit. Proses pencairan kredit melibatkan beberapa pihak. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penyalahgunaan pencairan kredit. Setelah kredit dicairkan, Bank BRI terus memantau dan membimbing kredit hingga lunas. Namun proses pencairan pinjaman masih tergolong lama dan tidak efisien. Pasalnya, pengisian manual masih banyak digunakan oleh pekerja. Sedangkan dari Bank BRI telah menyediakan sistem yang terintegrasi langsung secara online kepada berbagai stakeholders.

 

Keywords: Akuntansi, Provisi, Kredit Usaha Rakyat,

References

Agus, Martono. (2014). Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Ekonisia.

Anggraeni, D.M & Saryono. (2014) Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Bank BRI. https://bri.co.id/web/guest/tentang-bri.

Catur Sasongko. (2016). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta : Salemba Empat.

Djam’an Satori. (2015) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Hasibuan, Malayu S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara

Ismail. (2015). Akuntansi Bank Teori dan Aplikasi dalam Rupiah. Jakarta : Prenada Media Group.

Kashmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Taswan. (2017). Manajemen Perbankan: Konsep, Teknik & Aplikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN YOGYAKARTA.

Undang-undang No. 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Undang-undang R.I No. 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia.

Downloads

Published

2020-12-15