Analisis Penentuan Harga Kamar dan Tingkat Hunian yang Mempengaruhi Pendapatan Hotel

Authors

  • Rio Rahmatullah Universitas Pamulang
  • Faizah Adisty Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRACT

 

The purpose of this research is to (1) Describe the method of determining room prices at Sari Pacific Hotel Jakarta, (2) Find out the factors that influence the room occupancy in increasing hotel income at Sari Pacific Hotel Jakarta. The method of this research is descriptive qualitative. Data collected by interviews, and documentation method. Based on the results of this research founded that (1) The method of determining the room price used by Sari Pacific Hotel Jakarta uses the profit target set by PT. Sariarthamas Hotel International, then the management of Sari Pacific Hotel (Director of Finance and Revenue Manager) will calculate CPOR (Cost Per Occupied Room) and then set a new room rental price for each room type. Room rates vary for each room type, which causes a different increase in each room type.. (2) Factors that influence room occupancy are political conditions in Indonesia especially in Jakarta, the change of hotel brands, and price increases are not matched by the improvement and renewal of facilities in the hotel

 

Keyword : Room Rate, Occupancy, Hotel Revenue.

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui metode penentuan harga kamar pada Hotel Sari Pacific Jakarta, (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat hunian kamar dalam meningkatkan pendapatan pada Hotel Sari Pacific Jakarta. Metode penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Metode penentuan harga kamar yang digunakan oleh Hotel Sari Pacific Jakarta menggunakan target keuntungan yang telah ditetapkan oleh PT. Sariarthamas Hotel International, kemudian manajemen Hotel Sari Pacific (Director of Finance dan Revenue Manager) akan menghitung CPOR (Cost Per Occupied Room) dan kemudian menetapkan harga sewa kamar yang baru pada setiap jenis kamar. Penetapan harga kamar berbeda-beda pada setiap jenis kamar hal ini yang menyebabkan kenaikan yang berbeda pada setiap jenis kamar. (2) Faktor yang mempengaruhi tingkat hunian kamar adalah kondisi politik di Indonesia khususnya di Jakarta, Pergantian brand Hotel, dan Kenaikan harga yang tidak diimbangi oleh perbaikan dan pembaruan fasilitas-fasilitas yang ada di hotel.

 

Kata kunci : Harga Kamar, Jumlah Hunian Kamar, Pendapatan Hotel.

References

Damayanti, A, dkk. (2017). Analisis Penerapan Metode Activity Based Costing dalam Penentuan Tarif Harga Sewa Kamar hotel (studi kasus pada hotel amaris madiun). The FIPA 9th. Madiun: Universitas PGRI Madiun.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan. (2012). PSAK No. 23. Jakarta: IAI.

Dyckman. (2000). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, S. (2010). Penelitian Deskriptif. Jakarta: Rajawali.

http://www.kemenpar.go.id. Diakses pada tanggal (18 Juni)

Kieso, D., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2011). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Marketing Management (14 ed.). New jersey: Pretice Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principle of Marketing. New Jersey: Pretice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Airlangga.

Kusnadi. (2009). Akuntansi Keuangan Menengah. Malang: Brawijaya.

M. Guntur, E. (2010). Transformasi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Saggung Setto.

Mulyadi. (2009). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Salemba Empat.

Oka, A. Y. (2009). Manajemen Pemasaran Hotel. Jakarta: Perca.

Santoso, I. (2009). Akuntansi Keuangan Menengah. Bandung: P.T Refika Aditama.

Soemarso. (2014). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.

Stice, J. D., Stice, E. K., & Skousen, K. (2009). Akuntansi Keuangan Menengah. Jakarta: Salemba Empat.

Sulastiyono, A. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F, dkk. (2012). Pemasaran Strategik. yogyakarta: andi.

Triyanto, H. (2012). Penentuan harga jual kamar hotel saat low season dengan metode cost plus pricing pendekatan variabel costing (studi kasus pada hotel puri artha yogyakarta). Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks.

Wiyasha, I. (2010). Akuntansi Perhotelan. Yogyakarta: Andi.

Downloads