Brand Awareness Wardah Kosmetik di Kalangan ASN

Authors

  • Edi Nur Prasetyo Pascasarjana Ekonomi Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Anas Basuki Pascasarjana Ekonomi Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Agus Eko Sujianto Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

Brand Identity, Brand Awareness, Produk Halal

Abstract

Perkembangan industri kecantikan menyebabkan persaingan bisnis yang cukup ketat diantara pelaku bisnis. Persaingan ini mendorong timbulnya ide ide kreatif guna mempertahankan konsumen lama dan menjerat konsumen baru. Penggunaan brand identity sebagai tanda pengenal sekaligus pembeda diharapkan mampu menciptakan brand awareness pada konsumen. Wardah kosmetik dengan slogan produk halal nya berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk halal serta berupaya memperluaas segmen pasarnya baik di kalangan masyarakat muslim maupun non-muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh brand identity terhadap brand awareness dikalangan ASN di Kabupaten Blitar. Sampel yang digunakan sejumlah 84 ASN pengguna produk wardah kosmetik. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil menggunakan sebaran angket dengan skala Likert 1-5. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif. Uji yang dilakukan adalah uji normalitas, uji regresi sederhana, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand identity berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness produk wardah kosmetik sebesar 38.4%.

References

Firmansyah September, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategi). Pasuruan: Qiara Media.

Gelder, Sicco van. (2005). Global Brand Strategy: Unlocking Branding Potential Across Countries, Cultures & Markets. London: Kogan Page Limited.

Ghodeswar, Bhimrao M. (2008). Building Brand Identity In Competitive Markets: a Conceptual Model. Journal of Product & Brand Management, Volume 17, Number 1.

Haasiani, N. (2022, 27). Data Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal Kuat Bersaing. Retrieved from compass.co.id: https://compas.co.id/article/data-penjualan-kosmetik/

Hasan, Sofyan. 2014. Sertifikasi Halal dalam Hukum Positif: Regulasi dan Implementasi di Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hutomo, F., & Samuel, H. (2015). Analisa Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Awareness dan Brand Satisfaction Brotherwood Decoration Surabaya.

Jateng, K. (2022, Januari 17). Penampilan Menggambarkan Citra Diri ASN. Retrieved from Kemenag.co.id: https://jateng.kemenag.go.id/2022/01/penampilan-menggambarkan-citra-diri-asn/

Kotler, Philip. (2003), Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Makmun, N. (2022, Oktober 12). Industri Kecantikan Tumbuh Pesat Berkat Platform Digital . Retrieved from Investor.co.id: https://investor.id/business/309488/industri-kecantikan-tumbuh-pesat-berkat-platform-digital

Marissa, G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2014). Strategi Pemasaran. Tangerang: Pascal Books.

Pahlevi, R. (2022, Maret 15). Konsumsi Kosmetik Halal Indonesia Terbesar ke-2 di Dunia. Retrieved from Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/15/konsumsi-kosmetik-halal-indonesia-terbesar-ke-2-di-dunia

Qonita, N. (2017). Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Awareness Produk Semen Gresik, Semen Mortar Utama Dan Semen Merah Putih (Studi Pada Persepsi Usia Muda Produktif Di Kota Gresik). Thesis: Universitas Internasional Semen Indonesia.

Rahman, F., & Rusfian, E. Z. (2014). Pengaruh Brand Identity terhadap Brand Awareness (Studi pada Nike). Skripsi: Universitas Indonesia.

Surjaatmadja, Surachman. (2008). Dasar-dasar Manajemen Merek: Alat Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2024-03-12