Pengaruh Keunggulan Harga Kompetitf dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Promosi Medsos Pada Umkm Makanan dan Minuman Di Kota Pontianak

Authors

  • Marsella Marsella Universitas Widya Dharma
  • Lauw Sun Hiong Widya Dharma University

Keywords:

Harga Kompetitif, Kualitas Pelayanan, Promosi Media Sosial, dan Kinerja Pemasaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah model kerangka berpikir untuk meneliti apakah terdapat pengaruh harga kompetitif dan kualitas pelayanan terhadap kinerja pemasaran melalui promosi media sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik UMKM makanan dan minuman di kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 151 responden berdasarkan teori analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan metode penarikan sampel yaitu purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan bantuan software AMOS versi 24. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif yang dilakukan melalui pengujian hipotesis menggunakan uji regression weight menunjukkan bahwa variabel harga kompetitif tidak berpengaruh terhadap promosi media sosial, variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap promosi media sosial, sedangkan variabel harga kompetitif tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran, lalu variabel kualitas pelayanan dan promosi media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian menggunakan Sobel Test menunjukkan variabel promosi media sosial tidak mampu memediasi harga kompetitif namun mampu memediasi kualitas pelayanan baik secara langsung maupun tidak langsung.

References

Abdurrahman, N.H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Arif, Muhammad. 2022. “Antaseden Kualitas Produk, Harga, Dan Inovasi Terhadap Daya Beli Konsumen Denga Kinerja Pemasaran Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Umkm Di Kota Medan.†3(1):559–74.

Arrosadi, A.H., & Achsa, A. (2022): Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Harga Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2), 165-174.

Arumsari, N.R., & Marka, M.M. Kinerja Pemasaran dan Keunggulan Bersaing.

Asnawati., & Indriastuti. H. (2022). Analisis Inovasi Produk & Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Baladini, N., Syarief, N., & Gunaedi, J. (2021): Pengaruh Promosi Penjualan, Pemasaran Media Sosial dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Kasus Pengguna Gopay di Kota Bekasi. Jurnal Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1323-1337.

Bangsawan, S. (2015). Manajemen Pemasaran Usaha Kecil. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Boyd, H.W., Walker, O.C., & Larreche, J.C. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ernawati, Fidyah Yuli, Sarbullah, and Zulkifli. 2021. “Analisis Inovasi Produk, Orientasi Pasar Dan Kualitas Layanan Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Home Industri Toko Kue Di Ambarawa (Studi Kasus Toko Roti Welldone).†Jurnal STIE Semarang 13(3):65–85.

Hart, N. A. & Stapleton, J. (2007). Kamus Marketing Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hayati, Fitriana Noor, Leny Muniroh, and Achyar Eldine. 2021. “Pengaruh Distribusi Dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran (Pada UMKM Tas Kota Depok Kecamatan Sukmajaya).†Achyar Eldine Jurnal Manager 4(1):10–15.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Jodi, I. Wayan Gede Antok Setiawan. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kebijakan Penjualan Terhadap Kinerja Pemasaran Dan Kepuasan Konsumen PT. Wahana Wirawan Nissan.†JAGADHITA:Jurnal Ekonomi & Bisnis 3(9):22–34. doi: 10.22225/jj.3.2.134.22-34.

Kevin, and Ida Puspitowati. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM.†Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 2(3):612. doi: 10.24912/jmk.v2i3.9573.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Maharani, Selpi. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Tempat Dan Promosi Tehadap Kinerja Pemasaran Pada Kelompok Petani Jamur (KPJ) Sumber Makmur Tulungagung.†JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi) 8(1):1–9. doi: 10.54066/jbe.v6i1.99.

Murnilawati., Hairudinor., & Rasyidi, M.N. (2019): Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening Di Rumah Makan “Andina†Muara Teweh Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 8(1), 1-9.

Nawangsasi, Endah, and Siti Hayati Efi Triatin. 2020. “Peran Kinerja Pemasaran Yang Dipengaruhi Tingkat Penjualan Ditinjau Dari Aspek Produk Tempat, Harga, Promosi Pada Kinerja Pedagang Jajanan Pasar Desa Karangpandan Kabupaten Karanganyar.†8(1):53–61.

Pamungkas, B.A. & Zuhroh, S. (2016): Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Bontacos, Jombang. Jurnal Komunikasi, 10(2), 145-160.

Prihadi, Deddy, and Agnes Dwita Susilawati. 2018. “Pengaruh Kemampuan E-Commerce Dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaraan.†Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis 3(1):15. doi: 10.23917/benefit.v3i1.5647.

Putri, Adriana Lantika, and Augusty Tae Ferdinand. 2016. “Analisis Pengaruh Citra Toko Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko H.A Laury Di Semarang.†Diponegoro Journal of Management 5(3):1–13.

Putri, C.S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594-603.

Reven, Daniel, and Augusty Tae Ferdinand. 2017. “Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta).†Diponegoro Journal of Management 6(3):1–13.

Risal, M., and Salju. 2017. “Pengaruh Bauran Pemasaran (4ps) Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Studi Kasus Pada: Industri Kecil Pengolahan Rumput Laut Di Provinsi Sulawesi Selatan.†Balance : Business, Management and Accounting Journal 14(1):1–18.

Rosmayani. (2022). Kinerja Pemasaran Implementasi Industri Kecil Berbasil Inovasi. Surabaya: Pustaka Aksara.

Santika, Vina. 2022. “Pengaruh Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Menjual Produk Minyak Goreng Merek Fortune Melalui Brand Image.†13–25.

Soenarto, Darno, and Mitha Otik. 2018. “Pengaruh Kewirausahaan, Inovasi & Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Ukm Wedges.†Ecopreneur.12 1(1):8–13. doi: 10.51804/econ12.v1i1.189.

Suarna, Indri Ferdiani. 2021. “Peningkatan Volume Penjualan Melalui E-Commerce Dan Strategi Promosi Online Pada UMKM Kuliner.†Jurnal Media Nusantara 18(2):155–60.

Sugiyarti, G. (2016): Analisis Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Menengah Batik di Provinsi Jawa Tengah. Unisbank Semarang, ISBN: 978-979-3649-96-2.

Sun Hiong, L. (2021). i Berbasis Tekhnologi Mendorong Keunggulan Bersaing UMKM Kreatif di Kota Pontianak. 12(2), 197–206.

Sun Hiong, L., Augusty Tae, F., & Listiana, E. (2020). Techno-resonance innovation capability for enhancing marketing performance : A perspective of. 21(1), 329–339.

Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2008). Manajemen Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Utami, C.W. (2018). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Wachjuni. 2014. “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kinerja Pemasaran Dalam Upaya Mencapai Keunggulan Bersaing.†Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika Volume 2 Nomor 1 2:1–23.

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori & Strategi. Nusa Tenggara Barat: Forum Pemuda Aswaja.

Downloads

Published

2024-03-12