Pengaruh Pengetahuan Konsumen, Sikap Pembelian, dan Kesadaran Lingkungan Terhadap Pembelian Produk Ramah Lingkungan Pada Mahasiswa UNISNU Jepara

Authors

  • Calvin Nuril Musthofa Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Ali Ali Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Keywords:

Kata Kunci, Pengetahuan Konsumen, Sikap Pembelian, Kesadaran Lingkungan, Pembelian Produk Ramah Lingkungan

Abstract

Saat ini, penting bagi mahasiswa untuk mempertimbangkan membeli produk-produk ramah lingkungan. Perlu adanya nya pengetahuan dalam membeli barang-barang ramah lingkungan, karena mahasiswa memiliki tingkat sikap konsumsi yang sangat tinggi terhadap produk-produk di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  mengetahui pengaruh pengetahuan konsumen, sikap pembelian, dan kesadaran konsumen terhadap pembelian produk ramah lingkungan pada mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. 100 peserta dijadikan sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Probability Sampling.   Mahasiswa diberikan kuesioner untuk diisi sebagai bagian dari proses pengumpulan data. Data diolah dengan menggunakan  SPSS27, teknik analisisnya dengan analisis regresi linier berganda.  Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran pelanggan memiliki peran penting dalam mempengaruhi keputusan membeli barang ramah lingkungan. Sedangkan Pembelian Produk ramah lingkungan tidak dipengaruhi secara signifikan oleh sentimen konsumen atau pengetahuan lingkungan.

References

Ana Zahrotul Nihayah, M. . (2019). Pengolahan Data Penelitian Menggunakan Software SPSS 23.0. Program Studi S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang.

Arlanti, E., & Suyanto, A. (2019). Analisis Kesadaran, Pengetahuan, Dan Sikap Konsumen Tentang Lingkungan Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Green Product Cosmetics. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(3).

Bambang Setyadarma, Suprapto, R. E. H., Karjati, P. D., & Prajitno, B. (2012). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Niat Beli Ulang Beras Organik Pada Konsumen Wanita Di Surabaya. Jurnal Equilibrium, 10(1), 61–70.

Febianto, A., Djumali, & Damayanti, R. (2020). Gaya Hidup , Pengetahuan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Ramah Lingkungan (Studi pada SUPER INDO). Jurnal Widya Ganecwara, 29(3).

Hanif, M., & Astuti, S. R. T. (2018). Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Sikap Konsuman Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Calon Konsumen Mobil Datsun di Kota Semarang). Jurnal Of Management, 7(4), 1–12.

Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/ Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44.

Indinasari, D. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk, Kesadaran Kesehatan, Kesadaran Lingkungan Terhadap Niat Pembelian Dengan Pemediasi Sikap Konsumen Dalam Pembelian Sayur Selada Organik Di Surabaya. Jurnal STIE.

Kristando, L. M., & Indarwati, T. A. (2021). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Dan Shared Value Corporate Social Responsibility Terhadap Niat Beli Ulang KFC Indonesia. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 134–144.

Lestiani, E., Maryam, S., & Widayanti, R. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Ecolabelling Pada Keputusan Pembelian Green Product. Bongaya Journal of Research in Management, 3(2), 7–13.

Pratiwi, G., & Lubis, T. (2021). Pengaruh kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan UD Adli Di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. Jurnal bisnis mahasiswa, 121–134.

Prawesti, N. D., & Widodo, A. (2020). Dampak Sikap Lingkungan (Environmental Attitude) Terhadap Perilaku Pembelian Hijau (Greenpurchase Behavior); Gender Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Mahasiswa Di DKI Jakarta). Jurnal E-Proceeding of Management, 7(1), 1194–1200.

Utami, K. S. (2020). Green Consumers Behavior : Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Maksipreneur, 9(2), 208–223.

Utami, R. D., Gunarsih, T., & Aryanti, T. (2014). Pengaruh Pengetahuan, Kepedulian Dan Sikap Pada Lingkungan Terhadap Minat Pembelian Produk Hijau. Jurnal Media Trend, 9(2), 151–161.

Waskito, J. (2014). Model Meningkatkan Niat Pembelian Konsumen Pada Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Research Methods And Organizational Studies, Sancall, 32–39.

Wijayaningtyas, M. (2017). Pengaruh Mediasi Sikap Generasi Y Terhadap Niat Beli Rumah Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen Dan Kearifan Lokal Indonesia, 1(2), 71–83.

Wulandari, N. L. P. S., & Ekawati, N. W. (2015). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Persepsi Nilai Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(7), 2095–2109.

Yoesnam, I. C. (2015). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Organik. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(031), 73–142.

Downloads

Published

2024-03-12