EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN WORKSHEET BERSAMA SISWA-SISWI SMP DI BIMBEL RUMAH CENDEKIA JAKARTA SELATAN

Authors

  • R. Aditama Universitas Pamulang
  • Dewi Purnama Sari Universitas Pamulang
  • Isnurani Isnurani Universitas Pamulang
  • Usep Rahmat Universitas Pamulang
  • Nunung Kusdaniyama Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v2i1.11299

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan pelajaran penting dalam membantu siswa meningkatkan berbagai kemampuan. Penggunaan worksheet dapat dilakukan untuk membantu proses pembelajaran matematika. Siswa dilatih keterampilan, sistematis, berpikir logis serta pemecahan masalah. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui 3 tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pengabdian kepada msyarakat dilakukan di Bimbel Rumah Cendekia Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Hasil pengabdian kepada masyarakat bahwa penggunaan worksheet membuat siswa menjadi lebih aktif dan berpartisipasi dalam pembelajaran. Berlatih soal-soal pemecahan masalah secara sistematis dan terbimbing. Respon siswa selama pengabdian kepada masyarakat memperoleh hasil positif, artinya siswa merasa terbantu dalam mempelajari materi dengan bantuan worksheet

Author Biographies

R. Aditama, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Dewi Purnama Sari, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Isnurani Isnurani, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Usep Rahmat, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Nunung Kusdaniyama, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

References

Aryani, Farida, and Cecil Hiltrimartin. (2014). Pengembangan Lks Untuk Metode Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Kelas Viii Di Smp Negeri 18 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika 5(2): 129–44. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/578.

Hadija, Charles Kapile, and Juraid. (2018). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN No 2 Tamarenja Kecamatan Sindeu Tobata. Jurnal kreatif Tadulako Online 4(8): 11–30. http://pasca.unej.ac.id/menjadikan-para-siswa-aktif-bertanya-dalam-kegiatan-pembelaran-berdasarkan-kurikulum-2013/.

Masitoh, Itoh, and Sufyani Prabawanto. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 7(2): 186. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2709.

Novitasari, Dian. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 2(2): 8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1650/1402.

Umam, Khoerul. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 3(2): 145. http://simakip.uhamka.ac.id/download?type=jurnal&id=646.

Yana, Yana, and Dewi Purnama Sari. (2021). Investigasi Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Era Covid-19. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika 3(1): 19. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/sm/article/view/8184/5852.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Aditama, R., Sari, D. P., Isnurani, I., Rahmat, U., & Kusdaniyama, N. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN WORKSHEET BERSAMA SISWA-SISWI SMP DI BIMBEL RUMAH CENDEKIA JAKARTA SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 2(1), 9–13. https://doi.org/10.32493/jpka.v2i1.11299