MENDORONG MEMANFAATKAN INTERNET SEHAT UNTUK PEMASARAN DIGITAL PADA PONDOK PESANTREN MULTIMEDIA AN-NUQTHAH 2 SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v2i1.11301Abstract
Industri kecil di Kabupaten Sukabumi sangat beragam namun akses informasi pasar masih terbatas dan proses pengembangan produk masih minim. Usaha kecil yang dengan keterbatasan pengetahuan, sumber daya dan keterampilan harus terus mengembangkan produk baru untuk mempertahankan bisnis mereka. Pondok pesantren Multimedia An-Nuqthah 2 Sukabumi menyelenggarakan pembelajaran formal yang diintegrasikan dengan pembelajaran pesantren. Meskipun warga pesantren mengenal teknologi internet, namun potensi internet dalam berbisnis untuk mendorong perekonomian pesantren maupun lingkungan sekitar pesantren belum dikenal dengan baik. Internet masih sebatas digunakan sebagai media komunikasi dan bersosialisasi. Berangkat dari masalah tersebut, kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang mengadakan penyuluhan bagaimana berinternet secara sehat dan aman sekaligus memanfaatkannya sebagai media pemasaran dan pengelolaan usaha. Literasi internet sehat dan aman dimaksudkan untuk menumbuhkan budaya berinternet yang bermanfaat, aman, dan beretika. Selain itu, pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi khususnya terkait e-commerce dapat mendorong kemampuan masyarakat pondok dalam mengembangkan strategi pemasaran digital untuk mendukung bisnis bagi warga pesantren maupun masyarakat disekitarnya
References
Adhistian, P., Dahniar, T., Syahabuddin, A., Maulana, Y., & Mairizal, M. (2020). Implementasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Susu Kambing Etawa Budidaya Pesantren Masyhad An-Nur Sukabumi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion, 1(01), 27-36.
Alwendi, A. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i3.2486
Dewi, C. R., & Sri Darma, G. (2014). Website Usability, Satisfaction, Loyalty, Security Perception, Trust And Word Of Mouth In E-Commerce Business. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 1–30. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Handayani, T., & Primawati, A. (2021). Pemanfaatan E-Commerce bagi Kelompok Pendidik SDIT Fatahillah Kebagusan di Era Pandemi. ABDITEKNIKA, 1(April), 13–20.
Kusdiana, D., & Gunardi, A. (2014). Pengembangan Produk Unggulan UMKM Kabupaten Sukabumi. Trikonomika, 13(2), 153.
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Saman, Rosmayanti, R., & Mahendra, D. (2021). Kabupaten Sukabumi Dalam Angka 2021.Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukabumi.
Saman, Rosmayanti, R., Solehudin, A., & Mahendra, D. (2020). Kecamatan Nagrak Dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukabumi.
Setiawan, A. B. (2012). Penanggulangan Dampak Negatif Akses Internet di Pondok Pesantren melalui Program Internet Sehat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 15(1), 93–108. https://doi.org/10.20422/jpk.v15i1.706