PEMBELAJARAN OPERASI DAN BENTUK ALJABAR MATEMATIKA DENGAN PHOTOMATH DI SMP NEGERI 1 TERAS
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v2i1.12284Abstract
Mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh murid SMP salah satunya adalah Matematika. Seiring berkembangnya terknologi, pengajaran matematika bisa menerapkan software. Para murid sangat mengharapkan penguasaan terhadap bidang ilmu dan teknologi dalam pengajaran matematika khususnya software di era globalisasi, supaya murid mampu menaikkan daya kreasi, mengembangkan, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Para murid lebih mudah dalam mengkonkretkan simbol, tabulasi serta menyelesaikan perhitungan matematika berbantuan software matematika secara benar dan teliti. Faktanya, beberapa murid dalam menyelesaian problem matematika belum mengaplikasikan software matematika secara akurat, cepat dan benar. Oleh sebab itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) kepada murid taraf SMP khususnya murid kelas VII pada SMP NEGERI 1 TERAS berupa pendampingan belajar software Photomath pada mata pelajaran matematika perlu diadakan. Selama pandemi Covid-19 (Oktober 2020 – Juni 2021), SMP NEGERI 1 TERAS telah memanfaatkan aplikasi LMS (https://www.belajar.smpn1teras.sch.id/), Google Meet dan Zoom sebagai media pengajaran. Oleh sebab itu, pelaksanaan PKM dilakukan secara on-line menerapkan aplikasi yang sama. Kegiatan PKM melalui 10 model soal Operasi dan Bentuk Aljabar Matematika secara umum berhasil menambah pengetahuan penggunaan serta mekanisme software Photomath pada peserta
References
Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pengajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group
Herawati, Dewi dkk. (2017). Efektivitas Pengajaran Matematika Menggunakan Media Statistic Ball dengan Model Iinquiry. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 36
Lenggono, W. (2017). Penggunaan Media Pengajaran. Purwokerto: UMP
Maulani, Alfi dkk. (2020). Penerapan Google Classroom dalam Pelatihan Maple dan Mathematica pada SMP IT Bina Adzkia. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 47
Maulani, Alfi dkk. (2021). Penerapan Zoom dan Google Classroom dalam Pelatihan Maple Calculator pada SMP Negeri 1 Teras. JPKM, 1(2), 261
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta