PENGGUNAAN ALAT PERAGA KONVERSI SATUAN PANJANG (KOSAPA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v2i1.12570Abstract
Salah satu bidang studi yang menduduki peran penting dalam pendidikan adalah matematika. Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Namun dalam proses pembelajaran sering megalami kesulitan karena matematika masih dianggap bidang ilmu yang sulit. Begitu juga yang dialami oleh siswa kelas V SD GMIT 023 Takalelang. Pengabdian penggunaan alat praga ini dibuat dengan tujuan agar meningkatkan motivasi belajar siswa dan lebih mudah memahami konversi satuan panjang menggunakan tabel. Dari hasil pengamatan dan wawacara kepada siswa bahawa mereka merasa lebih mudah memahami materi konversi satuan panjang serta proses pembelajar terasi lebih asik dan menyenangkan
References
Gagne, R. (1970). Principles of instructional design. New York: Halt, Rinehart and Winston
Hudojo, Herman. (2005). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: Universitas Negeri Malang
Miarso, Yusufhadi. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group
Pramita, Lynda dan Forum Guru Menulis Indonesia. (2015). Buku master SD/MI 5 in I. Jakarta: Media Pusindo
Rifai, Ahmad dan Sudjana, Nana. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sudjana, Nana. (1990). Media Pendidikan, Bandung: Sinar Baru
Uria Regina Irene L. Tobing, Fentini, Nugroho, Tehuteru, Edi Setiawan. (2008). Peran relawan dalam memberikan pendampingan kepada anak penderita kanker dan keluarganya. Indonesian Journal of Cancer 1, 35 -39
Wahyono, Endro dan Fahamsyah, Andy. (2008). Super refrensi rumus matematika SD, SMP, dan SMA. Jakarta: Wahyu Media.
Wiratno, Siswo dkk. (2011). Bunda jagoan matematika. Jakarta: Grasindo