PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI SMA NEGERI KOLANA, ALOR TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v2i1.12590Abstract
Alat peraga merupakan alat bantu yang dapat merangsang pikiran, ketrampilan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar siswa, selain itu dengan menggunakan alat peraga dapat memberikan ruang bagi siswa untuk terlibat aktif dalam setiap proses pembelajaran. Pada kenyataannya di SMA Negreri Kolana dalam pembelajaran matematika belum menggunakan alat peraga. Alat peraga yang dibuat dan digunakan adalah kotak matriks yang terbuat dari kardus bekas, yang dirancang sedemikian menarik menjadi kotak matriks berordo sama. Alat peraga ini digunakan dalam proses pembelajaran untuk siswa kelas XI SMA N Kolana. Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas dari siswa untuk meanfaatkan bahan local sebagai bahan dari alat peraga matematika, meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan alat peraga dan diharapkan dengan menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran matematika bisa lebih aktif dan menyenangkan, sehingga kemampuan memahami materi lebih baik. Hasil yang didapat dari prelatihan ini adalah siswa menaglami pengalaman baru dengan belajar menggunakan alat peraga hal tersebut terlihat dari antusiasme dari peserta didik yang sangat besar dan siswa lebih mudah memahami konsep operasi matriks.
References
Annisah, Siti. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah Volume II Nomor 1 Edisi Januari-Juli
Djamarah, (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.