PENERAPAN NILAI-NILAI MORAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK DI MASJID AL-MUTAKHIR DESA SELING KEBUMEN

Authors

  • Muhammad Latifudin Zuhdi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Mahardhika Cipta Raharja Universitas Islam Negeri Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v2i2.13280

Abstract

Penerapan, Pendidikan, Karakter Religius TPQ Masjid Al Mutkahir merupakan sebuah lembaga non formal yang berkontribusi dalam bidang keagamaan, di lingkungan masyarakat dusun Penosogan, Desa Seling, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Dalam upaya menumbuhkan pendidikan karakter religius pada santri TPQ Masjis Al Mutakhir, TPQ memberlakukan peraturan-peraturan yang dapat menumbuhkan keinginan dan antusias santri dalam kegiatan. Selain itu, terdapat juga kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan karakter religius santri seperti: kegiatan mengaji, mendapatkan kisah-kisah para nabi dan rasul setelah proses pembelajaran mengaji selesai. Selama pengabdian di masyarakat di Desa Seling dan di TPQ Masjid Al Mutakhir menempuh waktu yajg lama dan melalui berbagai rintangan.Tujuan yang ingin dicapai dalam pengabdian ini adalah untuk mendiskripsikan peran beserta penerapan dalam menumbuhkan pendidikan karakter anak melalui kegiatan yang ada di suatu lembaga TPQ di lingkungan masyarakat. Serta memaparkan dan menganalisis pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ada di TPQ Masjid Al Mutakhir dalam menumbuhkan karakter religius pada anak. Pengumpulan data dalam pengabdian ini dilkukan dengan cara konsultasi, pengamatan, dan pendampingan. Berdasarkan datri pengabdian melalui konsultasi, pengamatan, dan pendampingan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter di TPQ Masjid Al Mutakhir dilaksanakan setiap hari pada waktu sore setelah maghrib, kecuali pada hari kamis. Dimana dalam proses pembelajaran terdapat kegiatan untuk menumbuhkan karakter kepada santri, seperti: hafalan doa bagi yang sehari-hari , tausiyah/cerita kisah-kisah nabi dan rasul oleh ustadz setelah proses mengaji selesai, dan lain sebagainya. Dimana kegiatan tersebut bertujuan agar dapat menumbuhkan pendidikan karakter yang awalnya menurun menjadi lebih baik. (2) Hasil pelaksanaan pendidikan karakter di TPQ Masjid Al Mutakhir dapat menumbuhkan pendidikan karakter yang baik bagi santri. Mulai dari karakter kedisiplinan dalam melakukan sholat berjama’ah di mushola, karakter jujur yaitu saat santri melakukan kesalahan mulai berani mengakuinya, serta karakter toleransi.

References

Ahmad, Sri Mulyanti. 2011. Sikap Non-Muslim Dalam Mengikuti Pelajaran Arab Melayu. Jurnal Al-Hikmah Volume 8 No. 1, April 2011. FAI UIR.

F Kh & Mukhlis. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. LUKMAN : 13 – 19. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3.

Handoyo, Eko dan Tijan. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi: Pengalaman Universitas Negeri Semarang. Semarang: Widya Karya. 2010.

Rosidatun. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication, 2018

Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Zuhdi, M. L., & Raharja, M. C. (2022). PENERAPAN NILAI-NILAI MORAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK DI MASJID AL-MUTAKHIR DESA SELING KEBUMEN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 2(2), 104–110. https://doi.org/10.32493/jpka.v2i2.13280