Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Di Masa Pandemi Dengan Metode Kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v2i2.15339Abstract
Kegiatan belajar-mengajar akibat pandemi Covid-19 harus dilakukan secara daring, banyak anak-anak yang kurang pemahaman khususnya pelajaran matematika dan bahkan ada yang tidak mengerti sama sekali dikarenakan anak tidak fokus, kondisi sekitar yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran daring, akses internet yang terbatas, interaksi guru dengan murid kurang, pengawasan orang tua pada saat pembelajaran yang kurang, anak merasa bosan, dan lainnya. Seperti anak-anak sekolah dasar di daerah Nusajaya, Karawaci, Kota Tangerang yang saat ini melakukan sekolah daring dan mereka berkata bahwa mereka tidak mengerti pelajaran matematika yang diajarkan di sekolah. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan pembelajaran melalui konsep kontekstual. Metode pelaksanaan dilakukan dengan penyuluhan. Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi anak dalam belajar matematika. Kegiatan ini mendapatkan hasil bahwa motivasi belajar matematika pada anak sekolah dasar menjadi meningkat karena pembelajarannya melalui metode kontekstual (realistik). Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kami berharap masyarakat khususnya anak-anak lebih terbuka wawasannya mengenai konsep belajar matematika yang menyenangkan, terus meningkatkan motivasi belajarnya agar mendapat prestasi belajar yang baik, dan lebih terbiasa untuk menabung.
References
Luthfiani, A., Irianto, S., Adriani, A. 2019. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Bersahabat di Kelas IV SD. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika 3(2), 80-86.
Malinda. 2019. PTK Guru Matematika: Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Kelas Matematika Pokok Materi Ruang Dimensi Tiga Di SMA. Google Books: Malinda
Munawaroh, S., Santosa, C. A. H. F., & Wahyuningrum, E. 2020. Pengaruh Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Kontekstual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 36-43.
Murtani, A. 2019. Sosialisasi Gerakan Menabung. SINDIMAS 1(1), 279-283.
Ulya, I. F., Irawati, R., Maulana. 2016. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah 1(1), 121-130.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.