MEMBANGUN KEMANDIRIAN BANGSA MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN SAAT PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.20529Abstract
Salah satu perkembangan ekonomi suatu negara ditentukan sejauhmana penduduk negara tersebut memiliki spirit kewirausahaan. Menjadi penting bagi para akademisi Universitas Pamulang dalam memberikan edukasi kemandirian bangsa melalui penanaman nilai-nilai kewirausahaan bagi siswa/i SMK. Dengan menggunakan pendekatan edukatif dan humanis, menyampaikan paparan dan menghadirkan testimonial bagi para wirausaha sukses di kalangan millenial diharapkan dapat menjadi daya dorong bagi para siswa/i SMK dalam menumbuhkembangkan semangat berwirausaha. Kegiatan bertajuk pengabdian masyarakat ini dilakukan sebagai upaya menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki para siswa SMK untuk mulai membuka peluang usaha dan membuka lapangan kerja baru yang dapat dilakukan dengan penanaman nilai-nilai kewirausahaan, sehingga pada akhirnya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Di awal pelaksanaan kegiatan dilakukan pre-test untuk melihat kemampuan siswa/i SMK dalam pemahamannya terkaitan nilai-nilai kewirausahaan. Di akhir kegiatan dilakukan post-test untuk melihat hasil pemahaman siswa/i SMK berkaitan dengan nilai-nilai kewirausahaan. Pada hasil post-test, terdapat peningkatan pemahaman siswa/i SMK berkaitan dengan nilai-nilai kewirausahaan, ditandai dengan peningkatan nilai meningkat sebesar 100.4% dari nilai pre-test.
Kata Kunci: Kemandirian, Spirit, Kewirausahaan, Potensi, Siswa
References
BPS (2020). Website [Online]. https://www.bps.go.id/ [diakses pada 14 desember 2020 pukul 11.38 PM].
Firdausi, Arif. Rifai & Barnawi. (2012).Profil Guru SMK Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Gunawan & Hazwardy (2020). PELATIHAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI MILENIAL BERJIWA WIRAUSAHA. Abdimas Dewantara, 3,(1), Maret 2020, hal. 81-88
Guerrero, M., Rialp, J., & Urbano, D. (2008). The impact of desirability and feasibility on entrepreneurial intentions: A structural equation model. International Entrepreneurship and Management Journal, 4(1), 35–50.
Nursyirwan, V., Valentika, N., & Ardaninggar, S. (2021). Identifying Factors that Affecting the Entrepreneurial Intention-Partial Least Square. https://doi.org/10.4108/eai.17-7-2020.2303082
Rosal, M. M., Fajrin, U. K. D. A., Amalia, S. R., Fabrian, B. D., & Nursyirwan, V. I. (2022). PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN ANAK DI WILAYAH BUNDER KECAMATAN CIKUPA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion, 2(2), 82–88.
Sanawiri, Brillyanes dan Iqbal, Muhammad. (2018). Kewirausahaan. UB Press. Malang.
Suhermini & Teti Anggita Safitri. (2010). “Menumbuhkan Minat Kewirausahaan melalui Pembuatan Business Plan†dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi & Dinamika Pendidikan, Vol.V, No.2 [Desember], hlm.180-196.
Suryaman. (2014). “Pengembangan Konsep Pendidikan Multibudaya melalui Gemar Belajar, Kreatif, Mandiri, dan Berbudi Pekerti Luhur untuk Membentuk Jiwa Wirausaha di Indonesia†dalam SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, Vol.7, No.2 [November], hlm.231-240, ISSN 1979-0112.
Uman, C. & T. Afkar. (2011). Modul Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Surabaya: Sunan Ampel Press.
Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta