UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BENTUK BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTS NURUL FALAH GUNUNG SINDUR

Authors

  • Nina Valentika Universitas Pamulang
  • Irfani Azis Universitas Pamulang dan Universitas Sutomo
  • Rifal Arpani Pamungkas Universitas Pamulang
  • Aprilia Rizka Heryanti Universitas Pamulang
  • Fijanatin Aliyah Universitas Pamulang
  • Friska Hanatami Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.22004

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bekerjasama dengan MTs Nurul Falah Gunung Sindur. Adapun alamat yang dijadikan tempat pengabdian adalah Jalan Pahlawan Kampung Bulaksaga RT.03/06 Cibadung, Gunung Sindur, Bogor Jawa Barat. Program ini dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan 20 Mei 2022. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk mengetahui seberapa besar persentase efektivitas sebelum maupun sesudah sosialisasi Pengabdian kepada Masyarakat. Adapun hasil yang diperoleh adalah dari 19 orang, nilai siswa yang mengalami peningkatan dalam menjawab soal pre test dan post test adalah sebanyak 13 orang (68,42%), nilai siswa yang tetap dalam menjawab soal pre test dan post test adalah sebanyak 5 orang (26,32%), dan nilai siswa yang mengalami penurunan dalam menjawab soal pre test dan post test adalah sebanyak 1 orang (5,26%).

Author Biographies

Nina Valentika, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika FMIPA

Irfani Azis, Universitas Pamulang dan Universitas Sutomo

Prodi Matematika FMIPA

Rifal Arpani Pamungkas, Universitas Pamulang

Prodi Matematika FMIPA

Aprilia Rizka Heryanti, Universitas Pamulang

Prodi Matematika FMIPA

Fijanatin Aliyah, Universitas Pamulang

Prodi Matematika FMIPA

Friska Hanatami, Universitas Pamulang

Prodi Matematika FMIPA

References

Ahmadi dan Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang melalui penggunaan alat peraga di kelas V SD Kemala Bhayangkari Banda Aceh Tahun Pelajaran 2018/2019. 2(1): 91-104.

Rakiyah, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran Matematika. 2(2): 124-132.

Siregar, NR. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Volume 1 halaman 224-232. ISBN: 978-602-1145-49-4.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Valentika, N., Azis, I., Pamungkas, R. A., Heryanti, A. R., Aliyah, F., & Hanatami, F. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BENTUK BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTS NURUL FALAH GUNUNG SINDUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 3(1), 76–81. https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.22004