PENGEMBANGAN PROSES BISNIS DENGAN METODE COACHING PADA UMKM DI WILAYAH TANGERANG SELATAN

Authors

  • Franka Hendra Universitas Pamulang
  • Khairunisa Khairunisa Universitas Pamulang
  • Dewi Ulfah Universitas Pamulang
  • Rudy Bodewyn Universitas Pamulang
  • Supriyono Supriyono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.22806

Abstract

ujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan solusi untuk meningkatkan pemahaman mengenai manajemen usaha dan bisnis dalam menentukan stategi bisnis dan mengenal kompetensi sumber daya manusia pada pelaku UMKM Tangerang Selatan.  Metode yang digunakan pada kegiatan Pengabdian Kepda Masyarakat ini adalah dengan melakuakan sosialisasi dalam bentuk sosialisasi kepada mitra para UMKM dan memberikan pelatihan dengan memberikan sebauh studi kasus untuk melihat tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan serta diskusi berupa tanya jawab antara pemateri dengan peserta. Diskusi dilakukan agar peserta lebih memahami materi yang telah disampaikan. Melalui diskusi, sosialisasi tidak hanya sekedar transfer knowledge saja melainkan dapat sharing pengalaman maupun permasalahan yang sedang dihadapi mitra. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dari pelatihan yang telah dilakukan telah mencapai target luaran yang diharapakan dimana peserta bisa memecahkan setudi kasus yang diberikan berdasarkan usaha UMKM masing-masing.

Author Biographies

Franka Hendra, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Universitas Pamulang

Khairunisa Khairunisa, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Universitas Pamulang

Dewi Ulfah, Universitas Pamulang

Program Studi Akuntansi, Universitas Pamulang

Rudy Bodewyn, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

Supriyono Supriyono, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Universitas Pamulang

References

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Bertahan Pada Kondisi Pandemik Covid 19 Di Indonesia. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV).

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714.

Hadi, A. S., & Khairi, A. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada Kelompok Ibu PKK Desa Gadingharjo. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127-132.

Ilsan, M., Salim, M., & Husain, T. K. (2020). Pelatihan Teknik Menyusun Laporan Keuangan Untuk UMKM Agribisnis. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 102-110.

Prasetyo, P. E. (2008). Peran usaha mikro kecil dan menengah (umkm) dalam kebijakan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran. Akmenika Upy, 2(1), p1-13.

Purwanti, E. (2013). Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(1).

Putri, D. L., Wardi, J., & Khairani, Z. (2017). Pelatihan Kewirausahaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Pada Kelurahan Sri Meranti Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 145-151.

Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus: Gramedia Pustaka Utama.

Rizal, M., Mustapita, A. F., & Sari, A. F. K. (2019). Pelatihan Untuk Pengajuan Pembiayaan Mudharabah Perbankan Syariah Sebagai Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 15-22.

Setiawan, D., Eteruddin, H., & Arlenny, A. (2019). Pelatihan Ms. Word & Mendeley Untuk Penulisan Karya Ilmiah Dosen Fakultas Teknik Unilak. Dinamisia, 3(1), 172-179.

Tasruddin, R. (2015). Strategi Promosi Periklanan yang Efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2(1).

Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.

Wahyuni, E. D., & Wibawani, S. (2020). Pemberdayaan Pengurus Aisyiyah dengan Penguatan Manajemen Bisnis. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1).

Published

2023-03-28

How to Cite

Hendra, F., Khairunisa, K., Ulfah, D., Bodewyn, R., & Supriyono, S. (2023). PENGEMBANGAN PROSES BISNIS DENGAN METODE COACHING PADA UMKM DI WILAYAH TANGERANG SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 3(1), 106–114. https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.22806