PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Myti Sandri Universitas Mitra Karya
  • Rizkia Arafahanisa Universitas Mitra Karya
  • Aan Suhendar Universitas Mitra Karya

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.23802

Abstract

Perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini telah memasuki dalam banyak bidang, seperti bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lainnya. Penggunaan teknologi dalam pendidikan sangat bermanfaat untuk tenaga pendidik dan peserta didik. Dengan menggunakan teknologi, pembelajaran yang diberikan akan lebih efektif dan efisien pada saat pandemi. Salah satunya dengan membuat media pembelajaran ataupun menggunakan aplikasi atau software untuk mendukung proses pembelajaran. Pada pembelajaran matematika salah satu software yang dapat digunakan yaitu geogebra. Melalui tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mitra Karya melakukan kegiatan pelatihan penggunaan geogebra dalam pembelajaran matematika.  Kegiatan pelatihan dilakukan secara daring atau online, yaitu memberikan materi tentang software geogebra, dan dilanjutkan dengan memberikan pelatihan penggunaan software geogebra kepada peserta pelatihan. Hasil kegiatan pelatihan adalah para peserta telah mengetahui dan memahami jenis dan fungsi tool pada software geogebra, dan mampu mengkonstruksikan materi pembelajaran matematika yaitu bangun datar.

Kata Kunci : Teknologi, Geogebra, Pembelajaran Matematika,

 

References

Talizaro Tafonao. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan The Role of Instructional Media to Improving. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Hohenwarter, M. 2008. Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra. (online). International Congress on Mathematical Education, Mexico 2008.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra Dan Microsoft Mathematic Dalam Pembelaran Matematika. Math Didactic, 2(3), 148–153. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.43

Syahbana, Ali. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra. Palembang: NoerFikri Offset.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Sandri, M., Arafahanisa, R., & Suhendar, A. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 3(1), 65–68. https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.23802