MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MA AL HANIF
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.24787Abstract
Pembelajaran memerlukan metode terobosan agar audience lebih mudah memahami dan mengerti materi yang diajarkan. Dilakukan pre test awal sebagai parameter awal untuk mengetahui dan mengukur pemahaman awal tanpa dilakukan metode bantu. Selanjutnya akan dilakukan pendekatan dengan metode diskusi step by step dari kendala yang dihadapi audience sehingga akan dilakukan penjelasan secara step by step juga hingga audience memahami materi secara mendalam. Kuncinya adalah bagaimana menemukan sisi nyaman dari audience untuk bercerita tentang hal yang belum dipahami sehingga tercipta komunikasi dua arah antara pemateri dan audience sehingga tercapai target pemahaman materi yang diharapkan. Pendekatan metode diskusi ini terletak pada adanya keterbukaan informasi seberapa audience nyaman dan paham dengan materi yang disampaikan pemateri sehingga pemateri dapat dengan mudah fokus pada permasalahan yang ada dan menghasilkan proses belajar mengajar yang sejalan.
Hasil dari nilai tes siswi sebelum dan sesudah PKM dihasilkan mean untuk nilai awal (X1) adalah 47,6667 dan mean nilai akhir (X2) adalah 60,333 sedangkan Standart Error Mean nilai awal (X1) adalah 2,5758 dan Standart Error Mean nilai akhir (X2) adalah 3,9781 dan nilai p-value nya adalah 0,0001916 (<0,05) maka dapat dikatakan metode diskusi yang dilakukan memberikan dampak bagus untuk hasil belajar siswi.
Kata kunci: pemodelan matematika, matematika, metode diskusi
References
Anitah, S. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas terbuka.
Arikunto.S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan: Edisi revisi.
Suara Guru. (2017). Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 4, Desember 2017