UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE SMALL GROUP DISCUSSION JENJANG SD DI YAYASAN BAYT AL HUDA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.24812Abstract
Banyak siswa yang mengeluhkan kurangnya pemahaman materi yang diajarkan oleh guru, terutama di bidang matematika. Maka dari itu, pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini kami membantu siswa-siswi untuk lebih memahami konsep matematika. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Rumah Belajar Yayasan Bayt Al Huda Tangerang bersama siswa sekolah dasar. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode Small Group Discussion. Penggunaan metode ini dapat memberikan kesempatan berinteraksi saat berdiskusi sesama anggota kelompok supaya siswa dapat memahami konsep matematika lebih dalam. Dari hasil pengerjaan soal individu dan kelompok, dapat dilihat bahwa ada peningkatan dalam mengerjakan soal. Pada kegiatan diskusi, siswa yang sudah paham akan membantu siswa yang belum paham. Sehingga semua soal yang diberikan sudah mereka pahami. Dengan menggunakan metode Small Group Discussion ini, siswa menjadi lebih aktif dan saling bersosialisasi sesama teman. Kami juga mendapatkan pengalaman selama melaksanakan pengabdian kepada masyarakat ini.
Kata Kunci: Metode Small Group Discussion, Siswa Sekolah Dasar, Yayasan Bayt Al Huda TangerangReferences
Saraswati, N. F., & Djazari, Moh (2018). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIANSISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH KRETEK TAHUN AJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XVI, No. 2, Tahun 2018. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/22049/11421
Christiani, A., & Mintohari. (2014). PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN MODEL COOPERATIVE. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/10585/4173Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Konsep Matematika, 230-235. Retrieved from Scholar.google.co.id: https://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal+tentang+pemahaman+konsep+matematika&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart#d=gs_qabs&t=1649590866954&u=%23p%3DRA2e9i92FroJ
Siti Mawaddah, R. M. (2016). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING (DISCOVERY LEARNING). Jurnal Pendidikan Matematika, 78-79.