SEHAT DAN CERDAS DALAM BELAJAR MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Elise Natalia Manurung UNIVERSITAS SUTOMO
  • Irvani Aziz UNIVERSITAS SUTOMO
  • Alfianti Alfianti UNIVERSITAS SUTOMO
  • Toriq Roziq UNIVERSITAS SUTOMO
  • Hilda Hilda UNIVERSITAS SUTOMO

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.28830

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, dimana kegiatan ini merupakan salah satu tempat bagi dosen dan mahasiswa untuk bersosialisasi pada masyarakat, dimana salah satu elemen masyarakat adalah SD RICCI 1 bertempat di Jl. Kemenangan III No.47, RT.3/RW.2, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120. Di masa pandemi saat ini anak-anak SD RICCI 1 melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring sehingga kurang nya media pembelajaran mengakibatkan anak-anak di SD RICCI 1 kesulitan untuk memahami materi pelajaran terutama pada pembelajaran matematika, hal ini mengakibatkan berkurangnya semangat dan minat untuk lebih memahami betapa pentingnya belajar matematika untuk masa depannya kelak. Sehingga solusi yang kami tawarkan adalah memberikan edukasi tentang pentingnya belajar matematika serta Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Bagi Peserta Didik Kelas 3 di SD RICCI 1, beberapa media pembelajaran berbentuk alat peraga matematika yang diharapkan dapat menumbuhkan kembali minat belajar matematika dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan beberapa games matematika khususnya pada materi konsep pecahan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 1 April 2022, 2 April 2022, 3 April 2022.

Author Biographies

Elise Natalia Manurung, UNIVERSITAS SUTOMO

Program Studi Matematika

Irvani Aziz, UNIVERSITAS SUTOMO

Program Studi Matematika

Alfianti Alfianti, UNIVERSITAS SUTOMO

Program Studi Matematika

Toriq Roziq, UNIVERSITAS SUTOMO

Program Studi Matematika

Hilda Hilda, UNIVERSITAS SUTOMO

Program Studi Matematika

References

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20.

Ristanti, Yuni. (2016). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Hitung Pecahan Desimal Melalui Media Manipulatif Pada Pembelajaran Tematik-Integratif SD: Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Manurung, E. N., Aziz, I., Alfianti, A., Roziq, T., & Hilda, H. (2023). SEHAT DAN CERDAS DALAM BELAJAR MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 3(1), 115–122. https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.28830