PENGUATAN USAHA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM APLIKASI BY DATA PADA USAHA MINUMAN KEKINIAN DI KOTA TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6902Abstract
Salah satu yang menjadi incaran dan daya tarik para pelaku usaha UMKM adalah bidang usaha minuman kekinian; sebagai salah satu minuman kegemaran kaum milenial yang sangat menyukai hal-hal yang bersifat praktis, kreatif, dan inovatif. Seiring dengan semakin majunya teknologi dan perkembangan aplikasi IT, juga dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran dan promosi bidang usaha Perkembangan dunia usaha minuman kekinian ini menggeliat bukan hanya di kota-kota besar, namun juga menjangkau hingga di tingkat Kota/Kabupaten, bahkan sampai di wilayah Kota Tangerang Selatan. Fenomena menarik yang dapat dijadikan contoh inovasi produk atau jasa adalah para pelaku usaha UKM terutama usaha di bidang minuman. Begitu maraknya bermunculan usaha di bidang ini, menunjukkan semakin baiknya iklim ekonomi mendukung tumbuh kembangnya UKM. Kenyataan inilah yang menarik perhatian kami sebagai pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat dari Universitas Pamulang untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan manfaat penggunaan dan penerapan sistem aplikasi by data terhadap peningkatan penjualan minuman kekinian dalam mengembangkan usahanya sehingga tercapai penjualan yang cukup signifikan dan memberi keuntungan secara ekonomis. Tujuan diadakannya PKM ini adalah untuk mengatasi permasalahan dalam mendapatkan ilmu pengetahuan secara teori dan praktek terkait dengan Inovasi Usaha berbasis sistem aplikasi. maka kegiatan Zoom Meeting ini dikemas dengan metode sharing session atau Forum Group Discussion. Hasil dari kegiatan ini diharapkan agar para peserta mendapatkan bekal pengetahuan (knowledge/kognitif) dan keterampilan (digital skill); yang dapat diterapkan dalam mewujudkan kegiatan berwirausaha. Apalagi didukung dengan penggunaan sistem aplikasi “by data†dalam menunjang pengontrolan penjualan yang berdampak kepada peningkatan penjualan dan kemudahan dalam pelayanan kepada konsumen.
References
Ananda, A. D. & Dwi Susilowati. (2017). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Industri Kreatif Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi. 10 (10), 120-142.
Debbie, D., dkk. (2017). Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Online Berbasis Mobile Browser Pada Restoran Tiga Saudara. Jurnal Inovasi Produk. 22(3)
Kotler, P., & Gary Armstrong. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 2, dialih bahasakan oleh Alexander Sindoro. Jakarta: Indeks
Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Mulyadi, W., dkk. (2016). Pengaruh Inovasi, Kreativitas, Dan Kepuasan Konsumen terhadap keunggulan kompetitif. Prosiding Seminar Nasional dan teknologi Informasi.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
_______ (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.