IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN SUSU KAMBING ETAWA BUDIDAYA PESANTREN MASYHAD AN-NUR SUKABUMI

Authors

  • Patria Adhistian Universitas Pamulang
  • Tedi Dahniar Universitas Pamulang
  • Agus Syahabuddin Universitas Pamulang
  • Yudi Maulana Universitas Pamulang
  • Mairizal Mairizal Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6903

Abstract

Ekonomi mandiri program pemberdayaan pondok pesantren untuk mngoptimalkan sumber daya salah satunya dengan budidaya susu kambing etawa untuk meningkatkan kesejahteraan pondok pesantren dan masyarakat lingkungan. Pengabdian didukung dengan menggunakan wawancara kepada pengurus, observasi lapangan, dan analisis dari data-data. Implementasi digital marketing sebagai sarana dan strategi penjualan dengan digital dan meningkatkan omset penjualan. Dengan pemberian informasi dan pengetahuan kepada pengurus pondok pesantren dan pemilihan design strategi penjualan online yang tepat. Oleh karena itu program implementasi digital marketing di Pondok Pesantern sebagai usaha meningkatkan omset penjualan budidaya susu kambing etawa. Pembinaan Berkelanjutan dengan menentukan strategi dan perencanaan digital marketing yang tepat salah satunya dengan menggunakan social media, disertai dengan optimisasi digital marketing tentunya bisa mendapatkan customer lebih dan omset penjualan dibandingkan dengan penjualan tradisional.

Author Biographies

Patria Adhistian, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Tedi Dahniar, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Agus Syahabuddin, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Yudi Maulana, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Mairizal Mairizal, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

References

Fawaid, A. (2017). Pengaruh Digital Marketing System, terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah “Iqtishadiaâ€. P-ISSN: 2354-7057: E-ISSN: 2442-3076. Vol. 4 No. 1, Juni 2017.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA Vol. 11 No. 2, Februari 2017: 46 – 53.

Silvia, B. S. (2006). Internet Marketing: Konsep dan Persoalan Baru Dunia Pemasaran. Jurnal Manajemen Vol. 6 No. 1, November 2006.

Yadaf M, Y. Joshi, Z. Rahman. (2015). Mobile Social Media: The New Hybrid Element of Digital Marketing Communication. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 189 (2015) 335-343. Elsevier

Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, Vol.15 No. 4, pp. 18-33.

Heidrick dan Struggles. (2009). Heidrick & Struggles CEO. China: China Marketing Press

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Samuelson, P. A. Economics, Ninth Edition. (1973). Tokyo: Mc. Graw - Hill Kongasukha Ltd.

Soetomo. (2013). Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tahziduhu, N. (2002). Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Renika Cipta.

Downloads

Published

2020-09-14

How to Cite

Adhistian, P., Dahniar, T., Syahabuddin, A., Maulana, Y., & Mairizal, M. (2020). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN SUSU KAMBING ETAWA BUDIDAYA PESANTREN MASYHAD AN-NUR SUKABUMI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6903

Issue

Section

Articles