PELATIHAN DARING TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Authors

  • Tabah Heri Setiawan Universitas Pamulang
  • Aden Aden Universitas Pamulang
  • Andi Nur Rahman Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6904

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut maka keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Pada masa pandemi COVID 19 ini maka segala aktifitas belajar mengajar di sekolah ditiadakan demi memutus mata rantai virus COVID 19 ini dan menggantinya dengan kegiatan belajar dan mengajar dari rumah secara online (daring). Sebagian besar pihak sekolah belum mengetahui bagaimana caranya melaksanakan sistem pembelajaran daring dikarenakan tidak adanya pelatihan tersebut sehingga pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan seadanya melalui media sosial. Oleh karena itu perlu adanya pelatihan daring teknologi pembelajaran di sekolah agar pelaksanaan pembelajaran secara daring dapat lebih maksimal. Pelatihan daring teknologi pembelajaran ini meliputi cara membuat peta konsep dengan iMindMap untuk proses pembelajaran, mengoptimalkan Learning Management System (LMS), dan Komputasi awan untuk pendidikan (Clouding Computing for Education). Ketiga materi pelatihan daring ini berkaitan erat dalam pembelajaran secara daring dan perlu dipahami oleh guru-guru dan pihak sekolah agar proses pembelajaran dari rumah dapat terlaksana dengan baik dan menghasilkan hasil pembelajaran yang maksimal.

Author Biographies

Tabah Heri Setiawan, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pamulang

Aden Aden, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pamulang

Andi Nur Rahman, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pamulang

References

ABC. (2020, Mei 28). Belajar dari Rumah: Masih Ada Kesenjangan Pendidikan di Indonesia? Tempo.

https://www.tempo.co/abc/5637/belajar-dari-rumah-masih-ada-kesenjangan-pendidikan-di-indonesia

Bona, M. (t.t.). Indonesia Dinilai Belum Siap Terapkan Pendidikan Berbasis Daring.beritasatu.com. Diambil 29 Juli 2020, dari

https://www.beritasatu.com/nasional/615497-indonesia-dinilai-belum-siap-terapkan-pendidikan-berbasis-daring

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Gramedia Pustaka Utama. IDCloudHost. (2019, September 16). Mengenal Apa itu Cloud Computing: Defenisi, Fungsi, dan Cara Kerja. IDCloudHost.

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-cloud-computing-defenisi- fungsi-dan-cara-kerja/

Nursalikah, A. (2020, Juni 18). Guru Muhammadiyah Usulkan Pelatihan Pembelajaran Daring. Republika Online.

https://republika.co.id/share/qc430j366

Rezkisari, I. (2020, Maret 18). Belajar dari Rumah, Konsep yang Ternyata tak Mudah. Republika Online.

https://republika.co.id/share/q7ds30328

Riadi, M. (2014, Januari 3). Pengertian, Manfaat dan Membuat Mind Maping.

https://www.kajianpustaka.com/2014/01/pengertian-manfaat-dan-membuat-mind.html

Surjono, H. D. (2013). Membangun course e-learning berbasis moodle. Yogyakarta: UNY.

Wikipedia. (2020a). Moodle. Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Moodle&oldid=16593650

Wikipedia. (2020b). IMindMap. Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=IMindMap&oldid=16824729

Downloads

Published

2020-09-14

How to Cite

Setiawan, T. H., Aden, A., & Rahman, A. N. (2020). PELATIHAN DARING TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6904

Issue

Section

Articles