PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CLASSDOJO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI GURU SD IT BINA BANGSA DI ERA KENORMALAN BARU

Authors

  • Jaka Wijaya Kusuma Universitas Bina Bangsa
  • Ulfi Jefri Universitas Bina Bangsa
  • Endang Surnani Bina Bangsa
  • Ika Pratiwi Bina Bangsa
  • Ega Kurniawan Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6906

Abstract

Era kenormalan Baru telah membawa perubahan pembelajaran yang berbasis kelas menjadi online dan jarak jauh. Guru dituntut meningkatkan kompetensi mereka terutama dalam pemilihan media pembelajaran yang inovatif. Upaya-upaya yang dapat membantu guru dalam meningkatkan kompetensi mereka dalam pembelajaran online bisa dilakukan melalui program pelatihan dan pendampingan salah satunya yang dikenalkan adalah penggunaan aplikasi classdojo. Artikel ini menggambarkan proses pelatihan dan hasil dari pelatihan penggunaan classdojo kepada guru SD IT Bina Bangsa. Hasilnya menunjukkan bahwa guru SD IT Bina Bangsa sudah mahir menggunakan Internet dan terbiasa dengan media pembelajaran jarak jauh, Antusias dan ketertarikan dalam pelatihan ini sangat tinggi ditunjukkan dari interaksi yang terjadi selama pelatihan, dan guru berharap ada kegiatan lebih lanjut dalam penggunaan classdojo sekaligus berharap bisa menjadi Tutor resmi classdojo.

Author Biographies

Jaka Wijaya Kusuma, Universitas Bina Bangsa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa

Ulfi Jefri, Universitas Bina Bangsa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa

Endang Surnani, Bina Bangsa

SD IT Bina Bangsa

Ika Pratiwi, Bina Bangsa

SD IT Bina Bangsa

Ega Kurniawan, Bina Bangsa

SD IT Bina Bangsa

References

Hidayat, H., Mulyanto, A., Hermawati, Y., & Nusantara, U. I. (2020). Class Dojo As Indonesian Language Learning Media At Senior High School. https://doi.org/10.4108/eai.20-9-2019.2290953

Kurniawan, B., Purnomo, A., & . I. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS MTs Di Kota Malang. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236

Kusuma, J. W., & Hamidah, hamidah; Sukandar, R. S. (2020). Penguatan Pembelajaran Matematika Siap Menghadapi Ujian Dengan Model Pembelajaran Assurance-Relevance-Interest-Assessment-Satisfaction Di Yayasan Nurul Falah Talok Tangerang. JURNAL ABDIDAS, 1(4), 193–202. https://abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/43/33

Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Sobiruddin, D. (2020). Pendampingan Bagi Guru RA Di Pandeglang Banten Dalam Memanfaatkan Media ICT Berbasis Proyektor Interaktif. Wikrama Parahita, 4(1), 13–20.

Downloads

Published

2020-09-14

How to Cite

Kusuma, J. W., Jefri, U., Surnani, E., Pratiwi, I., & Kurniawan, E. (2020). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CLASSDOJO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI GURU SD IT BINA BANGSA DI ERA KENORMALAN BARU. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(1), 57–67. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6906

Issue

Section

Articles