PELATIHAN BUDIDAYA SAYURAN DENGAN TEKNIK VERTIKULTUR DI DESA KECITRAN, BANJARNEGARA

Authors

  • Ridho Ananda Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Atik Febriani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Auliya Burhanuddin Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6908

Abstract

Banyaknya ibu rumah tangga di dusun Kecitran Klampok Banjarnegara membuat kepala desa membentuk kelompok wanita tani (KWT) “Sri Lestari†tahun 2016. Tujuannya memberikan keterampilan bidang pertanian yang mudah diimplementasikan sehingga berpotensi pada penambahan penghasilan di rumah mereka. Namun kegiatan KWT “Sri Lestari†saat ini hanya berupa arisan rutin. Pelatihan mengenai pertanian dilaksanakan hanya satu kali tahun 2018. Kondisi tersebut tentunya disayangkan, dikarenakan ada beberapa teknologi pertanian yang mudah diimplementasikan. Salah satunya yaitu budidaya sayuran dengan teknik vertikultur. Oleh karena itu, diusulkanlah kegiatan program kemitraan bagi masyarakat (PKM) yang bertujuan memberikan pengetahuan bagi KWT “Sri Lestari†melalui pelatihan budidaya sayuran dengan teknik vertikultur. Pelatihan ini terdiri dari lima kegiatan yakni (1) pengenalan teknik vertikultur, (2) persiapan lahan, (3) pembuatan media vertikultur, (4) pembuatan bibit sayuran, dan (5) penanaman bibit sayuran pada media vertikultur. Hasil penilaian kinerja KWT menunjukkan bahwa secara umum media vertikultur sudah baik dan cara penanaman benar. Kuesioner pelatihan juga menunjukkan 85% lebih responden memahami materi dan instruksi dari narasumber.

Author Biographies

Ridho Ananda, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri dan Desain, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Atik Febriani, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri dan Desain, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Auliya Burhanuddin, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

References

Isnaeni, S., Yunita R. 2019. Adopsi teknologi vertikultur skala rumah tangga pada beberapa jenis sayuran di desa Parakannyasag Tasikmalaya. Journal of Empowerment Community. 1(1), 27-32.

Kusumo, R. A. B., Sukayat Y., Heryanto M. A., Wiyono S. N. 2020. Budidaya sayuran dengan teknik vertikultur untuk meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga di perkotaan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 9(2). 89-92.

Manik, J. R., Alqamari M., Hanif A. 2018. Usaha pemanfaatan lahan pekarangan budidaya tanaman sayuran secara vertikultur pada kelompok ibu-ibu Aisyiyah. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 37-44.

Nurmawati, S. K. 2016. Vertikultur media pralon sebagai upaya memenuhi kemandirian pangan di wilayah Peri Urban kota Semarang. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2),19-25.

Downloads

Published

2020-09-14

How to Cite

Ananda, R., Febriani, A., & Burhanuddin, A. (2020). PELATIHAN BUDIDAYA SAYURAN DENGAN TEKNIK VERTIKULTUR DI DESA KECITRAN, BANJARNEGARA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(1), 75–84. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6908

Issue

Section

Articles