STRATEGI PELAYANAN TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DI KOTA KENDARI

Authors

  • Jacob Breemer Politeknik Indotec Kendari

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6911

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada komunitas transportasi online GOJEK di Kota Kendari dengan rumusan masalah adalah Bagaimana strategi pelayanan transportasi online Gojek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuistrategi pelayanan transportasi online Gojek di Kota Kendari. Data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis dengan metode deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi pelayanan transportasi online gojek di Kota Kendari dengan mengutamakan kualitas jasa, mengelola harapa pelanggan, membutikan pelayanan kepada pelanggan, memberikan informasil jasa online gojek kepada pelanggan dan membangun budaya layam transportasi online yang dibutuhkan oleh masyarakat. Strategi pelayanan transportasi mendukung kelancaran pelayanan pelanggan dengan jasa internet yang didalamnya terdapat bukti layanan yang baik, perhatian kepada pelanggan, dapat dihandalkan, respon dengan baik kepada pelanggan dan meberi jaminan keselamatan kepada pelanggan yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap transportasi online gojek

Author Biography

Jacob Breemer, Politeknik Indotec Kendari

Jurusan Manajemen Pemasaran dan Perbankan, Politeknik Indotec Kendari

References

Amajida, F. D. (2016). Kreativitas Digital Dalam Masyarakat Risiko Perkotaan: Studi Tentang Ojek Online “GO-JEK†Di Jakarta.Informasi, 46(1), 115- 128

Dagun, S.M. (2006). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).

Effendy, O.U. (2007). Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kemp & Dayton. (2003). Planning and Procing Instructional Media (Fifth Edition). New York: Harper & Row, Publisher

Kotler dan Armstrong. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Perhanlindo Persana

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks

Levie, W. H. and Lentz, R. (1982). Effects of text illustrations: a review of research. Educational Communication and Technology Journal, 30: 195-232

Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta. Bumi Aksara

Morlok, E.K. (1978). Pengantar Teknik dan Perencanaan. Transportasi. Yogyakarta, UGM Prees.

Rangkuti. (2004). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti. (2013). Manajemen Strategi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ratminto dan Atik. (2005). Manajemen Pelayanan, Disertai Dengan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter Dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rifusua. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Busway Di DKI Jakarta Tahun 2004-2008. Jakarta: Jurnal Universitas Indonesia

Sinambela, L.P. Dkk. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara

Steenbrink. (1974). Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Cet. I. Jakarta: LP3IS

Setijowarno dan Frazila. (2001). Pengantar Sistem Transportasi. Semarang: Universitas Katolik

Supranto. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Erlangga

Swastha, Basu DH. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. BPFE-UGM

Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. Andi: Yogyakarta

Tjiptono. (2006). Manajemen Jasa. Andi: Yogyakarta

Downloads

Published

2020-09-14

How to Cite

Breemer, J. (2020). STRATEGI PELAYANAN TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DI KOTA KENDARI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(1), 96–107. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6911

Issue

Section

Articles