STRATEGI PELAYANAN TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DI KOTA KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6911Abstract
Penelitian ini dilakukan pada komunitas transportasi online GOJEK di Kota Kendari dengan rumusan masalah adalah Bagaimana strategi pelayanan transportasi online Gojek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuistrategi pelayanan transportasi online Gojek di Kota Kendari. Data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis dengan metode deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi pelayanan transportasi online gojek di Kota Kendari dengan mengutamakan kualitas jasa, mengelola harapa pelanggan, membutikan pelayanan kepada pelanggan, memberikan informasil jasa online gojek kepada pelanggan dan membangun budaya layam transportasi online yang dibutuhkan oleh masyarakat. Strategi pelayanan transportasi mendukung kelancaran pelayanan pelanggan dengan jasa internet yang didalamnya terdapat bukti layanan yang baik, perhatian kepada pelanggan, dapat dihandalkan, respon dengan baik kepada pelanggan dan meberi jaminan keselamatan kepada pelanggan yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap transportasi online gojek
References
Amajida, F. D. (2016). Kreativitas Digital Dalam Masyarakat Risiko Perkotaan: Studi Tentang Ojek Online “GO-JEK†Di Jakarta.Informasi, 46(1), 115- 128
Dagun, S.M. (2006). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).
Effendy, O.U. (2007). Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Kemp & Dayton. (2003). Planning and Procing Instructional Media (Fifth Edition). New York: Harper & Row, Publisher
Kotler dan Armstrong. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Perhanlindo Persana
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks
Levie, W. H. and Lentz, R. (1982). Effects of text illustrations: a review of research. Educational Communication and Technology Journal, 30: 195-232
Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta. Bumi Aksara
Morlok, E.K. (1978). Pengantar Teknik dan Perencanaan. Transportasi. Yogyakarta, UGM Prees.
Rangkuti. (2004). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti. (2013). Manajemen Strategi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ratminto dan Atik. (2005). Manajemen Pelayanan, Disertai Dengan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter Dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rifusua. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Busway Di DKI Jakarta Tahun 2004-2008. Jakarta: Jurnal Universitas Indonesia
Sinambela, L.P. Dkk. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara
Steenbrink. (1974). Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Cet. I. Jakarta: LP3IS
Setijowarno dan Frazila. (2001). Pengantar Sistem Transportasi. Semarang: Universitas Katolik
Supranto. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Erlangga
Swastha, Basu DH. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. BPFE-UGM
Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. Andi: Yogyakarta
Tjiptono. (2006). Manajemen Jasa. Andi: Yogyakarta