PELATIHAN DAN BIMBINGAN PEMBELAJARAN SECARA DARING DI SEKOLAH LAZ NAHWA NUR

Authors

  • Achmad Sumali Universitas Pamulang
  • Surasni Surasni Universitas Pamulang
  • Oki Iqbal Khair Universitas Pamulang
  • Fikron Al-Choir Universitas Pamulang
  • Cornelia Dumarya Manik Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9110

Abstract

Tujuan dari kegaitan pelatihan pada sekolah LAZ Nahwa Nur adalah agar guru bisa melakukan kegiatan pembelajaran secara dalam jaringan yang dilakukan dari lingkungan rumah maupun pondok pesantren LAZ Nahwa Nur tanpa tatap muka langsung dengan siswa. Langkah demi langkah yang dilakukan dalam pelatihan pembelajaran ini adalah pertama agar menerapkan protokol Kesehatan sebelum, sesaat dan setelah melakukan pelatihan pembelajaran dalam jaringan. Berikutnya Kedua, memperkenalkan tentang pembelajaran dalam jaringan menggunakan beberapa aplikasi yang dikenal secara luas seperti Google Classroom. Ketiga, menjelaskan tentang bagaiman google classroom dan cara penggunaannya. Dan keempat melaksanakan praktik pengunaan google classroom. Dari pelaksanaan yang dilakukan di dapatkan hasil bahwa peserta pelatihan dapat memahami materi dengan baik

 

Kata Kunci: Pelatihan, Pembelajaran dalam Jaringan, Google Classroom

Author Biographies

Achmad Sumali, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Surasni Surasni, Universitas Pamulang

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

Oki Iqbal Khair, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Fikron Al-Choir, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Cornelia Dumarya Manik, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

References

Ahmad. (2019). Perbangdingan Hasil Belajar Matematika Siswa sebelum dan sesudah Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW II. EL- HIKAM: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, Volume XII(Volume XII, Nomor 2, Juli –Desember 2019).

Ahmad, A., Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, & Farah Heniati Santosa. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika

Ahmad, Etmy, D., & Primajati, G. (2019). Upaya Mengatasi Problema Pembelajaran Matematika Siswa pada Materi Teorema Phythagoras melalui Bimbingan Belajar Kelas VIII di MTs. Nurul Yaqin Kelanjur. 2(1), 60–70.

Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring.

Iftakhar, Shampa. (2016). Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Social Sciences, Pappas, Christopher (2015). "Google Classroom Review: Pros And Cons Of Using Google Classroom In e-Learning". Diakses 1 Mei 2017 dari https://elearningindustry.com/google-classroom-review-pros-and-consof-using-google-classroom-in-elearning

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.

Wikipedia. (2017). Google Classroom. Diakses 1 Mei 2017 dari https://en.wikipedia.org/wiki/Google_Classroom.

Downloads

Published

2021-02-26

How to Cite

Sumali, A., Surasni, S., Khair, O. I., Al-Choir, F., & Manik, C. D. (2021). PELATIHAN DAN BIMBINGAN PEMBELAJARAN SECARA DARING DI SEKOLAH LAZ NAHWA NUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(2), 215–223. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9110

Issue

Section

Articles