PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SMK DI LIMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9181Abstract
Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kemampuan guru yang kurang memanfaatkan teknologi yang dekat dengan kehidupan guru dan siswa dalam pembelajaran terutama pada pelajaran matematika, serta kurang dimanfaatkannya tampilan presentasi yang menarik dimiliki oleh guru untuk pemebelajaran matematika. Target luaran yang akan dicapai dalam kegiatan PKM Pelatihan Media Pembelajaran untuk Guru-Guru SMK di Limpung. antara lain: 1) Media pembelajaran dengan berbantuan App Inventor, 2) Publikasi ilmiah pada jurnal. Metode pelaksanaan Program Kemitraan Masayarakat (PKM) dengan cara berkolaborasi antara tiga pihak, yaitu Universtas PGRI Semarang sebagai pemarkasa dan pelaksana Iptek, sertai sebagai pihak yang mendanai pelaksanaan PKM, dan SMK di Limpung sebagai sasaran PKM yang menyiapakan para guru untuk mengikuti rangkaian program serta tempat untuk kegiatan PKM. Secara teknis dalam pemanfaatan Android untuk pembelajran di kota semarang terdapat 4 metode yang akan dilakukan, yaitu: tutorial, workshop, simulasi (drill and practice) dan Pameran. Pembelajaran yang memanfaatkan smartphone khususnya android memungkinkan interaksi siswa dengan siswa dan interaksi siswa dengan guru yang dilakukan melalui tulisan, suara, warna, gambar, gerak, simulasi, iteraktif dan sebagainya. Tim PKM terdiri dari tiga ahli; yang pertama adalah ahli dalam bidang animasi geometri dan pembelajaran matematika, yang kedua ahli dalam bidang matematika murni, dan yang terakhir adalah ahli dalam bidang pembelajaran dan pendidikan matematika. Serta dibantu oleh 2 mahasiswa matematika. Mahasiswa membantu dalam mempersiapkan penyelenggaraan PKM termasuk persiapan perkap dan dokumentasi. PKM ini dilaksanakan di laboratorium computer SMK Al Sya’iriyah Limpung dengan peserta sebanyak 20 guru selama dua hari. Hari pertama adalah pembukaan dan pemaparan materi. Hari kedua adalah praktikum pembuatan media. Terjadi beberapa kendala karena banyak peserta yang belum familiar dengan software media bahkan email. Namun kendala dapat diatasi sehingga para peserta tetap dapat membuat media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang mereka ampu.
Kata kunci: Pembelajaran, Teknologi, Media, App Inventor
References
Kasali, Renald. (2014). Cracking Values. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Kasali, Renald. (2017). Strawberry Generation. Jakarta Selatan: Mizan
Kasali, Renald. (2017). Disruption. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama