OPTIMALISASI POWER POINT UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KOMBINASI MATH TYPE DAN GRAPH 4.4.2 SERTA VIDEOSCRIBE

Authors

  • NurulLita Sari Universitas Pamulang
  • Tabah Heri Setiawan Universitas Pamulang
  • Tri Utami Ningsih Universitas Pamulang
  • Khorijiah Khorijiah Universitas Pamulang
  • Deana Nurul Khaeva Universitas Pamulang
  • Vidtiya Eka Putri Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9607

Abstract

Dampak adanya pandemi Covid-19 seperti saat berdampak pada segala sektor salah satunya dunia pendidikan dimana aktifitas belajar mengajar di sekolah ditiadakan demi memutus mata rantai virus corona dan menggantinya dengan kegiatan belajar dan mengajar dari rumah secara daring. Guru ditantang untuk dapat memberikan sebuah pembelajaran dengan berbasis daring dengan memadukan sistem sinkronus dan asinkronus. Sinkronus dapat dilakukan dengan tatap muka virtual dan dialog langsung via ruang obrolan. Selain itu juga diperlukan metode asinkronus supaya dapat diakses oleh peserta didik dimanapun dan kapanpun dalam bentuk modul digital, video pembelajaran, slide dan lain sebagainya. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan dapat menambah kompetensi guru khususnya guru matematika SMK se-Kota Depok untuk membuat serta menyusun slide pembelajaran matematika yang menarik, rapi, interaktif dan komunikatif dengan mengoptimalkan power point sebagai media pembelajaran dan membuat video animasi pembelajaran matematika dengan menggunkanan videoscribe.

 

Keywords: graph 4.4.2, mathtype, power point, sinkronus-asincronus, videoscribe

 

Author Biographies

NurulLita Sari, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang

Tabah Heri Setiawan, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang

Tri Utami Ningsih, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang

Khorijiah Khorijiah, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang

Deana Nurul Khaeva, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang

Vidtiya Eka Putri, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang

References

Jackson, D. (2012). Synchronous Versus Asynchronous Online Courses: An Introduction for Perioperative Nurses Returning to School. Perioperative Nursing Clinics, 7(2), 161–169. https://doi.org/10.1016/j.cpen.2012.02.001

Kemdikbud. (n.d.). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved January 29, 2021, from http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

Kemdikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43–48. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Offir, B., Lev, Y., & Bezalel, R. (2008). Surface and deep learning processes in distance education: Synchronous versus asynchronous systems. Computers & Education, 51(3), 1172–1183. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2007.10.009

Oztok, M., Zingaro, D., Brett, C., & Hewitt, J. (2013). Exploring asynchronous and synchronous tool use in online courses. Computers & Education, 60(1), 87–94. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.08.007

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Rajawali Pers.

Setiawan, T. H. (2019). Pemanfaatan Software Graph 4.4.2. Dalam Menunjang Perkuliahan Geometri Analitik. STATMAT : JURNAL STATISTIKA DAN MATEMATIKA, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.32493/sm.v1i2.2945

Setiawan, T. H. (2021, January 9). Menyambut Pembelajaran Daring di Tahun 2021. BantenNews.co.id. https://www.bantennews.co.id/menyambut-pembelajaran-daring-di-tahun-2021/

Setiawan, T. H., & Maulani, A. (2019, January 24). Panduan Graph 4.4.2 [Monograph]. Unpam Press. http://eprints.unpam.ac.id/8597/

Shahabadi, M. M., & Uplane, M. (2015). Synchronous and Asynchronous e-learning Styles and Academic Performance of e-learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 129–138. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.453

Sutrisno, T. (2016). Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3).

The Guardian. (2020, March 2). First coronavirus cases confirmed in Indonesia amid fears nation is ill-prepared for outbreak. The Guardian. http://www.theguardian.com/world/2020/mar/02/first-coronavirus-cases-confirmed-in-indonesia-amid-fears-nation-is-ill-prepared-for-outbreak

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138.

Downloads

Published

2021-02-26

How to Cite

Sari, N., Setiawan, T. H., Ningsih, T. U., Khorijiah, K., Khaeva, D. N., & Putri, V. E. (2021). OPTIMALISASI POWER POINT UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KOMBINASI MATH TYPE DAN GRAPH 4.4.2 SERTA VIDEOSCRIBE. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(2), 201–207. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9607

Issue

Section

Articles