OPTIMALISASI POWER POINT UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KOMBINASI MATH TYPE DAN GRAPH 4.4.2 SERTA VIDEOSCRIBE
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9607Abstract
Dampak adanya pandemi Covid-19 seperti saat berdampak pada segala sektor salah satunya dunia pendidikan dimana aktifitas belajar mengajar di sekolah ditiadakan demi memutus mata rantai virus corona dan menggantinya dengan kegiatan belajar dan mengajar dari rumah secara daring. Guru ditantang untuk dapat memberikan sebuah pembelajaran dengan berbasis daring dengan memadukan sistem sinkronus dan asinkronus. Sinkronus dapat dilakukan dengan tatap muka virtual dan dialog langsung via ruang obrolan. Selain itu juga diperlukan metode asinkronus supaya dapat diakses oleh peserta didik dimanapun dan kapanpun dalam bentuk modul digital, video pembelajaran, slide dan lain sebagainya. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan dapat menambah kompetensi guru khususnya guru matematika SMK se-Kota Depok untuk membuat serta menyusun slide pembelajaran matematika yang menarik, rapi, interaktif dan komunikatif dengan mengoptimalkan power point sebagai media pembelajaran dan membuat video animasi pembelajaran matematika dengan menggunkanan videoscribe.
Keywords: graph 4.4.2, mathtype, power point, sinkronus-asincronus, videoscribe
References
Jackson, D. (2012). Synchronous Versus Asynchronous Online Courses: An Introduction for Perioperative Nurses Returning to School. Perioperative Nursing Clinics, 7(2), 161–169. https://doi.org/10.1016/j.cpen.2012.02.001
Kemdikbud. (n.d.). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved January 29, 2021, from http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
Kemdikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43–48. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939
Offir, B., Lev, Y., & Bezalel, R. (2008). Surface and deep learning processes in distance education: Synchronous versus asynchronous systems. Computers & Education, 51(3), 1172–1183. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2007.10.009
Oztok, M., Zingaro, D., Brett, C., & Hewitt, J. (2013). Exploring asynchronous and synchronous tool use in online courses. Computers & Education, 60(1), 87–94. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.08.007
Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Rajawali Pers.
Setiawan, T. H. (2019). Pemanfaatan Software Graph 4.4.2. Dalam Menunjang Perkuliahan Geometri Analitik. STATMAT : JURNAL STATISTIKA DAN MATEMATIKA, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.32493/sm.v1i2.2945
Setiawan, T. H. (2021, January 9). Menyambut Pembelajaran Daring di Tahun 2021. BantenNews.co.id. https://www.bantennews.co.id/menyambut-pembelajaran-daring-di-tahun-2021/
Setiawan, T. H., & Maulani, A. (2019, January 24). Panduan Graph 4.4.2 [Monograph]. Unpam Press. http://eprints.unpam.ac.id/8597/
Shahabadi, M. M., & Uplane, M. (2015). Synchronous and Asynchronous e-learning Styles and Academic Performance of e-learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 129–138. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.453
Sutrisno, T. (2016). Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3).
The Guardian. (2020, March 2). First coronavirus cases confirmed in Indonesia amid fears nation is ill-prepared for outbreak. The Guardian. http://www.theguardian.com/world/2020/mar/02/first-coronavirus-cases-confirmed-in-indonesia-amid-fears-nation-is-ill-prepared-for-outbreak
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138.