EDUKASI KAPABILITAS KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI BANTEN

Authors

  • Dewi Surani Universitas Bina Bangsa
  • Muhammad Bayi Tabrani Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9664

Abstract

Kondisi pandemic Covid-19  dan berlanjut New Normal menuntut orang tua menyiapkan diri sebaik mungkin dalam pelaksanaannya agar kegiatan pembelajaran bisa berjalan optimal, oleh karena itu dibutuhkan edukasi mengenai kapabilitas keluarga.Kegiatan pengabdian masyarakat ini diadakan dalam bentuk Webinar melalui aplikasi Zoom dalam pada tanggal 27 Juni 2020 berupa penyuluhan, paparan materi  mengenai kapabilitas keluarga dalam pembelajaran di masa pandemi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan edukasi  kepada masyarakat mengenai perlindungan anak dari perspektif pendidikan di Era New Normal dilihat dari kapabilitas keluarga. Dengan adannya kegiatan edukasi ini diharapkan masyarakat mendapatkan wawasan dan edukasi dalam menghadapi pembelajaran online dan bisa mendampingi putra-putrinya agar lebih optimal dalam pembelajaran daring sehingga tercipta kegiatan pembelajaran yang efektif dan tercapai tujuan pembelajaran.

 

Kata Kunci: kapabilitas, keluarga, pendidikan, pandemi

Author Biographies

Dewi Surani, Universitas Bina Bangsa

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa

Muhammad Bayi Tabrani, Universitas Bina Bangsa

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa

References

Amalia, L. (2018). Millenial Di Era Globalisasi Sebagai Salah Satu Pondasi Ketahanan Nasional. Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 05(02), 159–172

Amanah, S. (2020). Orang Tua Hebat : Pandemi Covid-19 menciptakan atmosfer keluarga yang kolaboratif. Jamberita.Com.

https://jamberita.com/read/2020/04/17/5958376/orang-tua-hebat-pandemi-covid19-menciptakan-atmosfer-keluarga-yang-kolaboratif

Baker, William E. Dan James M. Sinkula. (2005). Environmental Marketing Strategy and Firm Performance: Effects on New Product Performance and Market Share. Academy of Marketing Science 33 (4):461-475. Banerjee, S., dan D. A.

Bangun, D. (2012). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1), 74–94. https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.604

Hanh, T. N. (2007). Hidup Bersama Secara Harmonis. Ian Dharma dan Pustaka Dharmajala.

Prodjo, W. A. (2020). Apa itu Belajar dari Rumah? Melihat Kembali Konsep Awal... Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Apa itu Belajar dari Rumah? Melihat Kembali Konsep Awal...â€, https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/14/163041771/apa-itu-belajar-dari-rumah-me. Edukasi.Kompas.Com.

Susanti, E., & Wahyudin, A. (2013). Economic Education Analysis Journal. 2(1), 18–23.

Downloads

Published

2021-02-26

How to Cite

Surani, D., & Tabrani, M. B. (2021). EDUKASI KAPABILITAS KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI BANTEN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(2), 155–161. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9664

Issue

Section

Articles