PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SOFTWARE DI SMAN 6 TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9667Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah SMAN 6 kota Tangerang Selatan. Siswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai media pembelajaran berbasis software SPSS dalam melakukan perhitungan secara cepat dan tepat mengenai analisis deskriptif data. Sasaran dalam pengabdian yaitu peserta didik di sekolah SMAN 6 kota Tangerang Selatan. Permasalahan diselesaikan melalui 3 tahapan yaitu persiapan awal, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Persiapan dilakukan melalui survey awal pendahuluan untuk mengetahui kondisi mitra di lapangan terkait permasalahan yang dialami peserta didik saat belajar matematika melalui daring. Tahap pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui proses pengajaran secara online menggunakan ceramah dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik, dilanjutkan latihan pengolahan data dengan software SPSS. Evaluasi masing-masing tahapan dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data serta analisis data tersebut. Hasil kegiatan melalui pengamatan selama proses kegiatan dan dilanjutkan dengan wawancara terhadap 3 siswa mengenai proses pelatihan software SPSS dalam statistik desriptif pada materi statistika diperoleh : (1) Siswa sangat antusias mengikuti proses pelatihan menggunakan media pembelajaran software SPSS, karena mereka mendapat pengetahuan baru terkait penggunaan software SPSS dalam belajar matematika. (2) Meningkatkan pengatahuan dan pemahaman siswa SMAN 6 Tangerang Selatan untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan terkait pelajaran statistika. (3) Meningkatkan keterampilan siswa SMAN 6 Tangerang Selatan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis ICT menggunakan software SPSS.
Kata kunci: media pembelajaran, software SPSS, statistika matematika
References
Resti, H. N. S. dan I. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora Inspire. Desimal Jurnal Matematika, 1.
https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2583
Singh, K., Granville, M., & Dika, S. (2002). Mathematics and science achievement: Effects of motivation, interest, and academic engagement. Journal of Educational Research, 95(6), 323–332.
https://doi.org/10.1080/00220670209596607
Tambunan, H. (2018). The Dominant Factor of Teacher’s Role as A Motivator of Students’ Interest and Motivation in Mathematics Achievement. International Education Studies, 11(4), 144.
https://doi.org/10.5539/ies.v11n4p144
Van der Kleij, F. M., Feskens, R. C. W., & Eggen, T. J. H. M. (2015). Effects of Feedback in a Computer-Based Learning Environment on Students’ Learning Outcomes: A Meta-Analysis. Review of Educational Research, 85(4), 475–511. https://doi.org/10.3102/0034654314564881
Zubair, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Macromedia Flash 8 dan Power Point Materi Pokok Asam Basa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3. http://journal.uin-alaudin.ac.id/indeks.php.PendidikanFisika