WIRAUSAHA ITU MENGUNTUNGKAN DAN MENYENANGKAN PELATIHAN DI JALAN MASJID AL HUKAMA RANGKAPAN JAYA BARU PANCORAN MAS, DEPOK

Authors

  • Endang Susilo Wardani Universitas Pamulang
  • Oki Iqbal Khair Universitas Pamulang
  • Reza Octovian Universitas Pamulang
  • Diana Riyana Universitas Pamulang
  • Nelwati Tanius Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9671

Abstract

Kondisi perekonomian secara keseluruhan mengalami guncangan yang sangat hebat dengan adanya penyebaran Virus Covid-19 ini. Kondisi seperti ini membuat kita harus lebih kreatif untuk menyokong kehidupan keseharian. Untuk itu maka masyarakat perlu untuk diberikan motivasi dan penyuluhan yang benar tentang kewirausahaan. Wirausaha akan dianggap menyenangkan tentu apabila telah memetik hasil dan pada akhirnya hasil itu mampu digunakan sebaik mungkin. Bukan saja sebagai bekal bersenang-senang, namun lebih itu adalah guna mengembangkan bidang wirausaha yang dijalani. Diharapkan dengan dilakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Rangkapan Jaya Baru, Limo Depok dapat memberikan ide wirausaha yang dapat dilakukan sebagai alternative pendapatan terutama disaat pandemic ini dengan semangat jika wirausaha adalah kegiatan yang menyenangkan dan menguntungkan. Selain itu dapat memberikan gambaran hal apa yang perlu dipersiapkan saat akan memulai suatu kegiatan wirausaha.

Kata Kunci : Wirausaha, Bisnis Online, UMKM

Author Biographies

Endang Susilo Wardani, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Oki Iqbal Khair, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Reza Octovian, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Diana Riyana, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Nelwati Tanius, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

References

Alma. B, (2007). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Andriani, J., Wulansari, R., Sampurnaningsih, S. R., & Susanti, N. (2020). Membentuk Enterpreneur Generasi Muda Untuk Membangun Percaya Diri Dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan Pada Yayasan Ishlahul Hayat Rumah Yatim & Dhuafa Keluarahan Bambu Apus Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Lokabmas Kreatif, 1(3), 7-15.

Ananda, A. D. (2018). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Malang. Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang.

Azhar, S. (2008). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Usaha.

Budiati, Y., Yani, T. E., & Universari, N. (2012). Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). Jurnal dinamika sosbud, 14(1), 89-100.

Gerungan, W.A. (2007). Psikologi Sosial : Suatu Pengantar. Jakarta: PT Eresko.

Gunartin, G. (2019). Analisa Efektivitas Bank Sampah sebagai Alternatif Pengelolaan Sampah Dalam Upaya Menuju Smart City di Kota Tangerang Selatan. INOVASI, 6(1), 1-6.

Husna, N., Yuhelmi, Y., & Trianita, M. (2015). Pengaruh Kepribadian dan Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Penerima Dana Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) di Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 3(3), 167-171.

Kamil, M. (2007). Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, A., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). Pengaruh lingkungan keluarga, motivasi, dan kepribadian terhadap minat wirausaha melalui self efficacy. Journal of Economic Education, 5(1), 100-109.

Majdi, M. Z. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Internalisasi Nilai Kewirausahaan di Keluarga dan Motivasi Minat Berwirausaha. Educatio, 7(2), 1-15.

Rahmanita, F., Andriani, J., & Manik, C. D. (2020). Membangun Generasi Milenial yang Cinta Tanah Air Melalui Potensi Profesi dan Wirausaha. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(1), 25-36.

Sudjana, D. (2004) Pendidikan Nonformal, Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas. Bandung: Falah Production.

Suryana. (2007). Kewirausahaan, Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Utama, D. D. T., & DARWANTO, D. (2013). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Winarto, (2004). First Step to Be An Entrepreneur. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Yanti, P. E. D., Nuridja, I. M., & Dunia, I. K. (2014). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap berwirausaha siswa kelas xi smk negeri 1 singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesta.

Downloads

Published

2021-02-26

How to Cite

Wardani, E. S., Khair, O. I., Octovian, R., Riyana, D., & Tanius, N. (2021). WIRAUSAHA ITU MENGUNTUNGKAN DAN MENYENANGKAN PELATIHAN DI JALAN MASJID AL HUKAMA RANGKAPAN JAYA BARU PANCORAN MAS, DEPOK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(2), 195–200. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9671

Issue

Section

Articles