SOSIALISASI PEMAHAMAN BISNIS PADA UMKM DI KECAMATAN PAMULANG

Authors

  • Haya Aqila Fauziah Universitas Pamulang
  • Ike Nursafitri Universitas Pamulang
  • Bustomi Bustomi Universitas Pamulang
  • Khairunisa Khairunisa Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9678

Abstract

Pandemi yang terjadi sangat berdampak pada usaha kecil menengah maupun usaha-usaha dengan modal yang besar, pemutusan hubungan kerja, pasaran produk yang menurun drastis, di berlakukan nya PSBB oleh pemerintah yang membatasi ruang lingkup interaksi dengan pembeli, menjadi alasan yang tepat untuk mengadakan pengabdian kepada masyarakat dengan berkolaborasi antara Universitas Pamulang Program Studi Teknik Industri bersama pihak UMKM Kecamatan Pamulang. Metode pengabdian yang dilakukan adalah pemberian penyuluhan dan pendampingan yang dinilai lebih efektif guna menjadi arahan serta dapat di implementasikan langsung oleh para pelaku usaha. Hasil pengabdian berjalan dengan baik dalam situasi Pandemi Covid-19 dengan tetap memberlakukan Physical distancing dan memiliki antusias yang cukup oleh UMKM kecamatan Pamulang. Dengan pengarahan tentang konsep luas berwirausaha sehingga dapat menjadi solusi inovatif dikala pandemi covid-19.

 

Kata kunci : UMKM, Pengarahan, Kewirausahaan

Author Biographies

Haya Aqila Fauziah, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Ike Nursafitri, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Bustomi Bustomi, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Khairunisa Khairunisa, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

References

Aulia Rahmi, Vembri, Hadi Ismanto, and Muhammad Zainuddin Fathoni. (2020). Inovatif Saat Pandemi Covid Melalui Pelatihan Kewirausahaan Khas Perempuan Berbahan Sampah ‘Kolaborasi BUMDes Dan Warga. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (3): 418–25. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i3.4632.

Bunsaman, Shafila Mardiana, and Budi Muhammad Taftazani. (2018). Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga (Studi Tentang Peranan Petugas K3L Perempuan Universitas Padjadjaran Jatinangor (Zona: Rektorat)). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5 (2): 146. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18373.

Suci, Yuli Rahmini. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultasi Ekonomi.

Downloads

Published

2021-02-26

How to Cite

Fauziah, H. A., Nursafitri, I., Bustomi, B., & Khairunisa, K. (2021). SOSIALISASI PEMAHAMAN BISNIS PADA UMKM DI KECAMATAN PAMULANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(2), 255–260. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9678

Issue

Section

Articles