PENERAPAN ZOOM DAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PELATIHAN MAPLE CALCULATOR DI SMP NEGERI 1 TERAS

Authors

  • Alfi Maulani Universitas Pamulang
  • Sri Supanti Nur Hayati SMP Negeri 1 Teras
  • Asih Surati SMP Negeri 1 Teras

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9679

Abstract

Software matematika dapat membantu siswa/i dalam mengaplikasikan simbol, grafik serta menyelesaikan perhitungan matematika secara tepat dan teliti. Kenyataannya, siswa/i masih banyak menghitung secara manual dalam menyelesaikan persoalan matematika, padahal sudah banyak software matematika yang bisa diaplikasikan dalam menyelesaian persoalan matematika secara akurat, cepat dan tepat. Oleh sebab itu diadakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan software Maple Calculator pada mata pelajaran matematika pada siswa/i tingkat SMP khususnya siswa/i kelas IX di SMP NEGERI 1 TERAS. SMP NEGERI 1 TERAS merupakan salah satu sekolah yang telah memanfaatkan e-learning sebagai media pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 (Oktober – Desember 2020). Kegiatan pembelajaran menggunakan media e-learning di sekolah tersebut memanfaatkan aplikasi Zoom dan Google Classroom (e-learning). Oleh sebab itu pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan secara daring menggunakan aplikasi yang sama. Kegiatan pengabdian masyarakat secara umum berhasil memberikan pengetahuan dalam informasi penggunaan software Maple Calculator serta prosedur di dalamnya melalui 10 contoh soal dan pembahasan operasi dan faktorisasi bentuk aljabar dan pencarian Grafik 2D dan 3D dari persamaan tersebut.

 

Kata Kunci: Matematika; software; maple; pelatihan;classroom.  

Author Biographies

Alfi Maulani, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Pamulang

Sri Supanti Nur Hayati, SMP Negeri 1 Teras

SMP Negeri 1 Teras

Asih Surati, SMP Negeri 1 Teras

SMP Negeri 1 Teras

References

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurina, L. A. (2014). Penerapan Strategi Everyone in a Teacher Here untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Bandung: UPI.

Saparwadi, L., & Yuwono, T. (2019). Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Sofware Maple: Studi Perbedaan Hasil Kerja Mahasiswa dengan Menggunakan Maple dan Tanpa Menggunakan Maple. Jurnal Elemen, Vol.5 , No.1, 23-30.

Suhandri, & Senada. (2016). Implementasi Program Aplikasi Maple untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Kalkulus Integral. Suska Journal of Mathematics Education, Vol-2, No.1, 57-66.

Downloads

Published

2021-02-26

How to Cite

Maulani, A., Hayati, S. S. N., & Surati, A. (2021). PENERAPAN ZOOM DAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PELATIHAN MAPLE CALCULATOR DI SMP NEGERI 1 TERAS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(2), 261–267. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9679

Issue

Section

Articles