Analisis Penerimaan Pengguna Student Service Center Menggunakan Metode UTAUT 3

Authors

  • Gustin Setyaningsih Universitas Amikom Purwokerto
  • Ito Setiawan Universitas Amikom Purwokerto

Keywords:

Student service center, Penerimaan Pengguna, UTUAT 3

Abstract

Student service center merupakan sistem terpusat yang berperan sebagai layanan-layanan untuk mahasiswa seperti proses belajar mengajar, berita kampus, kontrak perkuliahan, rincian nilai, agenda akademi, materi perkuliahan, Skripsi, KRS dan history pembayaran. mayoritas proses belajar mengajar diakses melalui student service center. Menu layanan dapat diakses melalui alamat situs kemudian masuk menggunakan nomor induk mahasiswa, namun dalam penggunaanya banyak kendala yang dialami oleh mahasiswa seperti seringnya terjadi server error pada saat melakukan pengisian KRS online. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat penerimaan pengguna sistem pelayanan mahasiswa. Metode yang digunakan adalah UTAUT 3 dengan tujuh hipotesis. Responden penelitian adalah mahasiswa aktif dengan batas kesalahan 0,1 sehingga diperoleh angka responden 97 mahasiswa. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dapat  disimpulkan  bahwa  terdapat  5  variabel  yang berpengaruh terhadap niat pengguna student service center yaitu variabel Performance Expectancy, Effort expectancy, Hedonic Motivation habit dan, Behavioural Intention. Seadngkan 2 variabel tidak berpengaruh secara signifikan adalah variabel Social Influence dan Facilitating Conditions.

References

Y. A. Kanthi, A. Tirtana, and M. A. Sulistiyo, “Analysis Of The Application Of The UTAUT Model In Understanding The Acceptance And Use Of OVO Applications In Malang City,†in Procedia of Social Sciences and Humanities, 2022, vol. 3, no. c, pp. 334–342. doi: 10.21070/pssh.v3i.186.

T. A. Usman, “Analisa model utaut (unified theory of acceptance and use of technology) dalam peningkatan penggunaan layanan transaksi digital Bank Mandiri pada masa pandemi covid-19,†Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 4, no. 9, pp. 4186–4192, 2022, doi: 10.32670/fairvalue.v4i9.1617.

J. Ridwan Daud Mahande, “UTAUT Model: Suatu Pendekatan Evaluasi Penerimaan E-Learning pada Program Pascasarjana,†in UTAUT Model: Suatu Pendekatan Evaluasi Penerimaan E-Learning pada Program Pascasarjana, 2020, vol. 1, no. 1, p. 1. doi: 10.24252/iqtisaduna.v1i1.15807.

S. Yusuf, M. I. Abas, S. Syahrial, and R. Lamusu, “Penerapan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (Utaut) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Gorontalo,†J. Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, p. 31, 2022, doi: 10.31314/juik.v2i2.1714.

T. Handayani and S. Sudiana, “Analisis Penerapan Model Utaut (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Terhadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Pada Sttnas Yogyakarta),†Angkasa J. Ilm. Bid. Teknol., vol. 7, no. 2, p. 165, 2017, doi: 10.28989/angkasa.v7i2.159.

I. I. Ismail Suardi Wekke, Muhammad Nuzul Qadri, Sudarmanto Saeka, “Kualitas Sistem Informasi Akademik Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Perguruan Tinggi,†Makara, Sos. Hum., vol. 9, no. 2, pp. 66–71, 2005.

I. H. Rohmatulloh and J. Nugraha, “Penggunaan Learning Management System di Pendidikan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19: Model UTAUT,†J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 10, no. 1, pp. 48–66, 2022, doi: 10.26740/jpap.v10n1.p48-66.

J. Hartono, Metodologi Penelitian Bisnis : Salah Kaprah dan Pengalaman Pengalaman. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2007.

M. T. Hidayat, Q. Aini, and E. Fetrina, “Penerimaan Pengguna E-Wallet Menggunakan UTAUT 2 (Studi Kasus) (User Acceptance of E-Wallet Using UTAUT 2 - A Case Study),†J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 3, pp. 239–247, 2020.

F. Diniyah, “Faktor yang Mempengaruhi Niat Perilaku Muslim Menggunakan Platform Crowdfunding Waqf: Teori UTAUT Model,†J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 2, pp. 544–552, 2021, doi: 10.29040/jiei.v7i2.1841.

S. Nurhayati, D. Anandari, and W. Ekowati, “Unified Theory of Acceptance and Usage of Technology (UTAUT) Model to Predict Health Information System Adoption,†J. Kesehat. Masy., vol. 15, no. 1, pp. 89–97, 2019, doi: 10.15294/kemas.v15i1.12376.

E. S. Nuari, A. Nurkhin, and K. Kardoyo, “Analisis Determinan Pemanfaatan Edmodo Dengan Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT),†J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 17, no. 1, pp. 57–73, 2019, doi: 10.21831/jpai.v17i1.26337.

D. Y. Prasetyo, “Penerapan Metode UTAUT dalam Memahami Penerimaan dan Penggunaan website KKN LPPM Unisi,†J. Sist., vol. 6, pp. 26–34, 2017.

I. W. G. Narayana, “Analisis Penerapan Model UTAUT Terhadap Perilaku Pengguna E-Learning (Studi Kasus : STMIK STIKOM Bali),†J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 5, no. 1, pp. 158–164, 2019, doi: 10.36002/jutik.v5i1.705.

A. D. Faizatul Amalia, Adam Hendra Brata, Rizki Tri Sulistyo, “Analisis Tingkat Penerimaan Sistem E-Learning menggunakan Blog Gratis sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Guru,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 335, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853640.

I. G. P. Y. Tresnawan, I. M. A. Pradnyana, and I. M. A. Wirawan, “Analisa Penerimaan Dan Penggunaan Sistem Informasi Desa (SID) Dengan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (Utaut),†Inser. Inf. Syst. Emerg. Technol. J., vol. 1, no. 1, p. 51, 2020, doi: 10.23887/insert.v1i1.25876.

M. Indah and H. Agustin, “Penerapan Model Utaut (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) Untuk Memahami Niat Dan Perilaku Aktual Pengguna Go-Pay Di Kota Padang,†J. Eksplor. Akunt., vol. 1, no. 4, pp. 1949–1967, 2019, doi: 10.24036/jea.v1i4.188.

W. Anjani and I. Mukhlis, “Penerapan Model UTAUT (The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Terhadap Minat dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking,†J. Ekon. Akunt. dan Manaj., vol. 21, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.19184/jeam.v21i1.30570.

A. A. S. I. Nareswari and I. K. Budiartha, “Penerapan Model UTAUT 2 untuk Menjelaskan Minat dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking,†E-Jurnal Akunt., vol. 31, no. 10, p. 2621, 2021, doi: 10.24843/eja.2021.v31.i10.p17.

M. A. Fatmasari, “Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sains, Teknologi dan Kesehatan,†in Studi Komparatif Metode UTAUT dan TAM Terhadap Penerapan Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Universitas Bina Darma Palembang), 2014, pp. 329–334.

S. F. A. Asanka Gunasinghe, Junainah Abd Hamid, Ali Khatibi, “The Viability of UTAUT-3 in Understanding the Lecturers Acceptance and Use of Virtual Learning Environments,†Int. J. Technol. Enhanc. Learn., vol. 1, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.1504/ijtel.2019.10023751.

W. Astuti and R. Waluyo, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Pedulilindungi Menggunakan Metode Eucs,†J. Rekayasa Inf., vol. 11, no. 1, pp. 9–16, 2022.

R. Waluyo, A. U. Latifah, and I. Setiawan, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keuangan Desa Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Purbalingga,†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 1638–1650, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.idjatisi@mdp.ac.idreceived

V. Herlina, Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.

Published

2023-10-30

How to Cite

Setyaningsih, G., & Setiawan, I. (2023). Analisis Penerimaan Pengguna Student Service Center Menggunakan Metode UTAUT 3. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 6(4), 775–782. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/34204