Metode End User Computing Satisfaction (UECS) untuk Analisis Kepuasan Pengguna Website Kemahasiswaan

Authors

  • Banu Dwi Putranto Universitas Amikom Purwokerto
  • Ikhsan Dwi Seto Universitas Amikom Purwokerto
  • Hery Abi Nugroho Universitas Amikom Purwokerto
  • Ito Setiawan Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.36489

Keywords:

User Satisfaction; Website; EUCS

Abstract

Website kemahasiswaan berisi tentang informasi kegiatan yang dilakukan oleh kemahasiswaan seperti kegiatan UKM, kegiatan senat mahasiswa, kegiatan BEM, informasi kompetisi mahasiswa, informasi beasiswa, informasi lowongan pekerjaan, informasi prestasi mahasiswa, kegiatan mahasiswa dan lainya. masih ada beberapa mahasiswa yang kesulitan   dalam melihat informasi pada menu yang ada diwebsite seperti aktivitas mahasiswa, informasi kompetisi, proses pengajuan beasiswa yang belum dijelaskan detail tentang alur pengajuanya. Banyak informasi dari kemahasiswaan yang belum tersampaiakan dengan jelas kepada mahasiswa melalui website sehingga berdampak pada minat dan kemauan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan kemahasiswaan. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasaan pengguna terhadap website kemahasiswaan universitas amikom purwokerto. Metode yang digunakan adalah End User Computing Satisfaction (UECS). Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dapat disimpulkan  ada tiga  variabel yaitu variabel easy to use, accuracy dan timeliness yang tidak  berpengaruh  terhadap  kepuasan  pengguna  website kemahasiswaan, sedangkan variabel yang lain yaitu variabel content, format dan semua variabel bersama sama berpengaruh terhadap  kepuasan  pengguna  website kemahasiswaan.

References

Ariska, I., & Amelia, R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Marketplace Shopee Dan Lazada Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs). Bina Darma Conference on Computer Science, 321–327.

Astuti, W., & Waluyo, R. (2022). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Pedulilindungi Menggunakan Metode Eucs. Jurnal Rekayasa Informasi, 11(1), 9–16.

Darwati, Lilis, F. (2022). Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 12(2), 34–42. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index

Fauzan, R. D., R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). Analisis Kepuasaan Pengguna Aplikasi Mobile Pelayanan Pelanggan Telekomunikasi menggunakan Metode Enda User Computing Satisfaction(EUCS). In Fakultas Sains dan Teknologi (Vol. 33, Issue 1).

Fitriyanti V, A. A. I. (2019). Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT), Politeknik Negeri Bengkalis. Analisis Kepuasaan Pengguna Terhadap Implementasi SIstem Informasi Peminjaman Pada BPJS Kesehatan Cabang Palembang Menggunakan Metode UECS, Lcm, 270–276.

Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo.

I, P. (2018). Analisis Tingkat Kepuasaan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS dan Model Delone and McLean. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Implementasi, 4(2), 6–13. https://ijse.web.id/jurnal/index.php/ijse/article/view/77/77

Khamdani, F. R., Setiawan, I., & Putranto, B. D. (2023). Analisis Kualitas Layanan Website Program Studi Sistem Informasi menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8(2), 43–50.

Oktavia, P. (2016). Penerapan Metode Servqual Dan Metode Eucs Dalam Mengevaluasi Kepuasan Pelanggan Dan Kualitas Layanan Teknologi Informasi Pengguna Jasa Internet Service Provider (Studi Kasus Pada PT. Platinum Citra Indonesia, Tangerang). Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 1(2), 69–79.

Putra, J., Indah, D. R., & Firdaus, A. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning SMA Xaverius 1 Palembang menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. 12, 45–51.

Retnawati, L. (2018). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Di Universitas XYZ. SCAN - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 13(2). https://doi.org/10.33005/scan.v13i2.1153

Sabdana, I. W. G. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Jiwa Propinsi Bali Dengan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Ilmu Komputer Indonesia, 4(1), 3–4.

Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 58. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105157

Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 162–175. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1375

Sevtiyani, I., & Fatikasari, F. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna SIMPUS Menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Banguntapan II. Health Information Management Journal ISSN, 8(2), 64–68.

Sholihah, R., & Indriyanti, A. D. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(3), 102–109. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47236/39485

Soewardy, K., & Martha Bororing, G. G. (n.d.). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Marketplace Tokopedia Menggunakan Algoritma C4.5.

Suwanti, Yudhana A, H. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Surat Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.47747/jpsii.v3i1.613

W. J. Doll and G. Torkzadeh. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction.

Waluyo, R., Latifah, A. U., & Setiawan, I. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keuangan Desa Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(3), 1638–1650. http://jurnal.mdp.ac.idjatisi@mdp.ac.idreceived

Wijaya, I. G. N. S., & Suwastika, I. W. K. (2017). Analisa Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode Kano. Jurnal Sistem Dan Informatika, 12(1), 128–138.

Y, S. (2015). Analisis Kepuasaan Pengguna Website Manajemen Informatika dengan Metode UECS Berbasis CMS. Jurnal Informatika, 2(1), 1–18.

Published

2024-01-31

How to Cite

Putranto, B. D., Seto, I. D., Nugroho, H. A., & Setiawan, I. (2024). Metode End User Computing Satisfaction (UECS) untuk Analisis Kepuasan Pengguna Website Kemahasiswaan. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(1), 392–398. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.36489