Uji Usability dan User Experience Website Sistem Informasi Akademik Universitas Terbuka (SIA UT) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa Menggunakan Metode USE Questionnaire dan Cognitive Walkthrough
Keywords:
Sistem Informasi Akademik, Universitas Terbuka, Usability Testing, USE Questionnnaire, Cognitive Walkthrough (CW)Abstract
Efektivitas dan efisiensi website Sistem Informasi Akademik Universitas Terbuka (SIA UT) dalam mempermudah komunikasi dan penyampaian informasi antara universitas dan mahasiswa menjadi sangat krusial untuk dibahas mengingat fakta bahwa mahasiswa UT tersebar di seluruh Indonesia dan mengikuti pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengujian yang terukur untuk mengetahui tingkat usabilitas dan pengalaman pengguna serta memperoleh rekomendasi perbaikan bagi sistem apabila ditinjau dari pandangan mahasiswa UT. Metode penelitian yang digunakan untuk mengukur Usability menggunakan USE Questionnnaire dengan parameter pengukuran Usefulnesss, Ease of Use, Ease of Learning, dan Satisfaction. Sedangan metode yang digunakan untuk mengukur User Experience menggunakan Cognitive Walkthrough (CW) yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis User Experience dengan model kognitif. Pengujian Usability menggunakan Google Form yang dibagikan kepada 50 mahasiswa dari berbagai jurusan dan UPBJJ-UT. Sedangkan pengujian User Experience dilakukan dengan skenario tugas secara langsung di UPBJJ-UT Serang dan Semarang kepada 10 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kumulatif (mean) dari faktor Usefulnesss sebesar 4,35 yang dikategorikan ke dalam rentang penilaian “Baikâ€. Sementara nilai mean faktor Ease of Use adalah 4,07 masuk dalam rentang “Baikâ€. Indikator penilaian Satisfaction memperoleh skor mean sebesar 4,11 yang juga masuk dalam rentang kategori “Baikâ€. Pengujian usabilitas menggunakan metode CW memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat menjadi dasar bagi UT untuk terus memperbaiki dan mengembangkan website SIA UT agar lebih memenuhi kebutuhan dan ekspektasi mahasiswa, terutama yang mengikuti sistem belajar jarak jauh.
References
Aelani, K. (2012). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire (studi kasus aplikasi perwalian online stmik “amikbandungâ€) Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Andrade, C. (2021). The inconvenient truth about convenience and purposive samples. Indian Journal of Psychological Medicine. doi:10.1177/0253717620977000
Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdi. (2020). Indonesia education readiness conducting distance learning in Covid-19 pandemic situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491-507.
Hadit, R. K., Az-Zahra, M. H., & Fanani, L. (2018). Analisis dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Kai Access dengan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2742-2750.
Hamidah, I., Nugroho, B. I., & Surorejo, S. (2023). Penerapan Interaksi Manusia dan Komputer pada Antarmuka Sistem Informasi Akademik. Penerapan Interaksi Manusia dan Komputer pada Antarmuka Sistem Informasi Akademik, 5(1), 111-120.
Hariyanto, D., Triyono, M. B., & Kohler, T. (2020). Usability Evaluation of Personalized Adaptive E-Learning System Using Use Questionnaire. Knowledge Management & E-Learning, 12(1), 85-105.
Kurniawan, I., Ardianto, Y. T., & Hidayatullah, S. (2021). The Effect of The Information System Quality, Service Quality, and User Satisfaction on Academic Information System User Loyalty. International Journal Of Science & Technology Research, 10(5), 350-355.
León-Mantero, C., Casas-Rosal, J. C., & Pedrosa-Jesús, C. (2020). Measuring Attitude Towards Mathematics Using Likert Scale Surveys: The Weighted Average. In PloS one. journals.plos.org. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0239626
Masturoh, S., Wijayanti, D., & Prasetyo, A. (2019). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall Pada SMK ITENAS Karawang. Jurnal Informatika, 6(1), 62-68.
Muhaemin, M. N. (2020). Mengukur User Experience Sistem Informasi Akademik. INFOTECH journal, 6(1), 7-10.
Muhammad, F., & Persada, i. G. (2022). Pengujian Usabilitas Pada Website PKM Corner UIIMenggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation. Automata, 3(1), .
Nooriza, R., & Fitroh. (2022). Uji Usability Pada Situs Web E-Learning Untuk UMKM. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 5(2).
Nurdiana, D., Susilo, A., Aprijani, D. A., & Suryadi, A. (2021). The Development of Web-Based Credit Transfer Applications in the Faculty of Science and Technology Universitas Terbuka (A Case Study in the Information System Program). International Journal of Global Operations Research, 2(4), 150–161.
Nurkalis, U., Adi, K., & Agushybana, F. (2019). Penilaian Usability Sistem Gasurkes “Go Bumil†untuk PencarianIbuHamil di Wilayah Kota Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(1), 75-80.
Nurrcahman, A. P., Priyandari, Y., & Yuniaristanto. (2022). Pengujian Usability Pada Aplikasi Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Diponegoro Berbasis Android. Techno.Com: Jurnal Teknologi Informasi, 21(3), 534-542.
Priyadi, A., Sediyono, E., & Purnomo, D. H. (2021). Evaluasi Kebergunaan (Usability) dan Rekomendasi Penggunaan Google Classroom untuk Blended Learning di Perguruan Tinggi. JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), 11(2), 105-116.
Universitas Terbuka. (2022, September 22). Retrieved from https://www.ut.ac.id/berita/2022/09/naik-jadi-412697-ut-kokoh-sebagai-pt-dengan-mahasiswa-terbanyak
Universitas Terbuka. (2022). Retrieved from https://www.ut.ac.id/tentang-ut
Wijaya, H. O., & Armanto. (2022). User Experience Penggunaan Google Classroom Dengan Metode Usability Testing dan UEQ. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 14(2), 102-111.
Zulkarnaini, & Fatmasari, R. (2021). Pengaruh Layanan Akademik dan Citra Institusi terhadap Loyalitas. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1285-1294
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Riyan Maulana, Moh. Rizky Putra Aji Utama, Dian Nurdiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms