Implementasi Penggunaan Chatbot dalam Memberikan Informasi Pendukung Program MBKM dengan Menggunakan Metode Prototype
Keywords:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kampus Merdeka, Chatbot, User friendlyAbstract
Baru-baru ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merancang sebuah kebijakan, yaitu program MBKM atau yang biasa disebut dengan "merdeka belajar kampus merdeka". Kebijakan ini dinilai relevan dan tepat di era demokrasi saat ini. Banyak manfaat dari program MBKM ini, seperti membantu mahasiswa S1 memiliki kemampuan yang baik dan siap kerja dengan memiliki softskill dan hardskill yang relevan dengan kebutuhan zaman, juga dapat bersaing di dunia internasional dan juga agar mahasiswa yang memiliki kompetensi dengan lulusannya dapat menjadi pemimpin di masa depan dan memiliki kepribadian yang baik, oleh karena itu informasi yang disebarkan harus tersampaikan ke mahasiswa secara detail, oleh karena itu kami melakukan pengembangan dengan membuat sebuah chatbot untuk memberikan informasi yang mendukung, dalam pembuatan chatbot ini kami menggunakan beberapa proses antara lain pengumpulan dan pengolahan data, pengolahan data, pemodelan aplikasi, proses deployment dan proses evaluasi. Kelebihan dari aplikasi yang kami buat yaitu terdapat program kampus mandiri dari beberapa kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian BUMN. Selain itu, tampilan website kami sangat user friendly sehingga memudahkan rekan-rekan mahasiswa untuk menggunakannya.
References
Marjan Fuadi, T. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) : Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594
Ansori, F., & Budianingsih, T. (2022). Analisis Pemahaman Mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok Universitas Al Azhar Indonesia terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 7(2), 103. https://doi.org/https://doi.org/10.36722/sh.v7i2.1008
Windiatmoko, Y., Hidayatullah, A. F., & Fudholi, D. H. (2022). Mi-Botway : a Deep Learning-based Intelligent University Enquiries Chatbot. 6(1). https://doi.org/https://doi/org/10.29099/ijair.v6i1.247
Pradana, Z. H., & Rochmanto, R. A. (2022). Chatbot-based Information Service using RASA Open-Source Framework. Jurnal Resti, 5(158), 2–3. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29207/resti.v6i4.3913
Zuraiyah, T. A., Utami, D. K., Herlambang, D., Studi, P., Komputer, I., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., Pakuan, U., Bogor, K., & Barat, J. (n.d.). MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN RECURRENT NEURAL NETWORK. 91–101. https://doi.org/https://doi.org/10.35760/tr.2019.v24i2.2388
Teddy Wijaya, Muhammad Rusli, Erwin Syah Rany, H. F. (2019). Membangun Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada CV . Unomax Indonesia. Kalbiscentia, Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), 110–121.
Hidayat, S., Silvanie, A., & Subekti, R. (2022). CHATBOT UNTUK KONSULTASI AKADEMIK MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING. 6(2), 396–410. https://doi.org/https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.780
Sains, S., Gunawan, I., Asnal, H., Cahyadi, M. N., & G, Z. M. (2022). Perancangan Chatbot untuk Layanan Informasi Sekolah ( Studi Kasus SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru ). https://doi.org/https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.880
Guntoro, Costaner, L., & Lisnawita. (2020). Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language ( AIML ). Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi, 11(2), 291–300. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/digitalzone.v11i2.5049I
Chatbot, A., Faq, U., Di, A., Lstm, I. D., & Kata, P. (2022). CHATBOT APPLICATION FOR ACADEMIC FAQ IN IBI-K57 WITH LSTM AND. 5(1), 19–27. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/jiko
Hussain, S., Al-hashmi, S. H., Malik, M. H., Imran, S., & Kazmi, A. (2023). Chatbot in E-learning. 01002, 1–5.
Aprilinda, Y., Martavia, T., Afandi, F. N., & Rizal, U. (2022). Chatbot Menggunakan Natural Language Processing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. 8(200), 8–12. https://doi.org/DOI http://dx.doi.org/10.36448/expert.v12i1.2629
Nurhayatunnufus, L., Terapan, F. I., Buah, T., Bandung, K., Barat, J., Ridha, M. P., Terapan, F. I., Batu, T. B., Barat, J., Maulid, H., Terapan, F. I., Batu, T. B., & Barat, J. (2020). LAPPYBOT : CHATBOT APPLICATION FOR INFORMATION ON SELECTING LAPTOP USING THE NATURAL LANGUAGE PROCESSING ( NLP ) METHOD. 6(2), 2586–2594.
muhamad hanif, zulkifli. (2021). Pengembangan aplikasi whatsapp chatbot untuk pelayanan akademik di perguruan tinggi.
Larasati Amalia, E., & Wahyu Wibowo, D. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 137–142.
Baiti, Z. N., & Nugroho, F. (n.d.). TEKNIK INFORMATIKA BERBASIS SISTEM PAKAR.
Falah, F. (2021). PENGARUH PENERAPAN APLIKASI CHATBOT SEBAGAI MEDIA INFORMASI ONLINE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN KESEHATAN PRIMER DI MASA PANDEMIK COVID - 19. BINA GENERASI : JURNAL KESEHATAN, 2(12), 18–23. https://doi.org/:https://ejurnal.biges.ac.id/index.php/kesehatan/
Haristiani, N., & Muhamad, M. (2020). Indonesian Journal of Science & Technology Combining Chatbot and Social Media : Enhancing Personal Learning Environment ( PLE ) in Language Learning. Indonesian Journal of Science & Technology, 5(3), 487–506. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17509/ijost.v5i3.2868
Arianto, alif fathur rizky, & Suryanti. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA CHATBOT TELEGRAM MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING BAGI SEKOLAH DASAR KELAS IV MATERI SELALU BERHEMAT ENERGI. JPGSD, 10(3), 589–598.
Dewonoto Laut Santoso, P., Riski, I., Kholik, N., Raffi Akbar, M., & Saifudin, A. (2021). Penerapan Artificial Intelligence dalam Aplikasi Chatbot sebagai Media Informasi dan Pembelajaran mengenai Kebudayaan Bangsa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(3), 579–589. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika579
Ramdani, N. A., & Apriandari, W. (2022). Implementasi Azure Cognitive Services dalam Pengembangan Chatbot Layanan Informasi Skripsi. JURNAL ILMIAH KOMPUTER GRAFIS, 15(1), 160–171. https://doi.org/http://journal.stekom.ac.id/index.php/pixel
Ishlakhuddin, F., Basir, A., & Nurlaela. (2020). Rancang Bangun Sistem Tanya-jawab Berbasis Aturan STMIK Muhammadiyah Paguyangan Brebes dengan Menggunakan Telegram Chatbot. Jurnal Informatika : Jurnal Pengembangan IT(JPIT), 5(3), 100–105.
Wisyaldin, M. K., Luciana, G. M., & Pariaman, H. (2020). Pendekatan Long Short-Term Memory untuk Memprediksi Kondisi Motor 10 kV pada PLTU Batubara. 9(2), 311–318. https://doi.org/https://doi.org/10.33322/kilat.v9i2.997
Kurniawan, H., Fazar, M. Al, Fauziah, N. R., & Munthe, I. R. (2021). Machine Translated by Google JurnalMantik Implementasi Whatsapp Chatbot Bagi Mahasiswa Baru Universitas Labuhanbatu Machine Translated by Google. 5(36), 932–939. https://doi.org/www.iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/index
Yuniar, E., & Purnomo, H. (2019). IMPLEMENTASI CHATBOT “ALITTA†ASISTEN VIRTUAL DARI BALITTAS SEBAGAI PUSAT INFORMASI BALITTAS. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 12(1), 24–35.
Pohan, S. D., & Mubarok, M. H. (2022). IMPLEMENTASI E-COMMERCE DAN COMPANY PROFILE BERBASIS WEB PADA CV . ANDROMEDA MULTI SARANA JURNAL NUANSA INFORMATIKA. JURNAL NUANSA INFORMATIKA, 16(2), 48–54. https://doi.org/https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Hafiz, N., Briliyant, O. C., Priambodo, D. F., Hasbi, M., & Siswanti, S. (2023). JURNAL RESTI. 5(158), 3–6. Doi : https://doi.org/10.29207/resti.v7i3.4870
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitri Nurmahya, Diana Diana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms