Pengembangan Kecerdasan Buatan Whatsapp Chatbot untuk Mahasiswa

Penulis

Kata Kunci:

Chatbot, Metodologi Kanban, VenomBot, WhatsApp

Abstrak

Chatbot adalah program komputer berbasis kecerdasan buatan yang dapat melakukan percakapan melalui audio atau teks. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menganalisis jenis-jenis kecerdasan buatan pada bentuk chatbot dan kemungkinan penggunaannya sebagai media komunikasi berbasis chatbot. Saat ini, praktik di sebagian besar adalah mahasiswa perlu berkonsultasi dengan dosen pusat atau mencari melalui situs web resmi untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan. Namun, proses memperoleh informasi yang dibutuhkan dapat memakan waktu beberapa waktu mulai dari menit hingga jam dan terkadang tidak konsisten karena pertanyaan dijawab oleh yang berbeda anggota staf universitas. Ada grup chat WhatsApp bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan dosen pusat, tetapi grup chat bisa kewalahan oleh pertanyaan karena jumlah anggota yang sangat besar sehingga menyebabkan pesan penting menjadi diabaikan. Dalam upaya untuk mengatasi tantangan ini, kami mengembangkan WhatsApp chatbot untuk mengatasi masalah ini dengan menawarkan platform terpusat dari komunikasi bagi mahasiswa dan dosen untuk melakukan berbagi informasi melalui pesan WhatsApp. Komunikasi dalam bentuk pesan yang dipersonalisasi antara chatbot dan pengguna sehingga menyelesaikan masalah pesan luar biasa yang ditimbulkan oleh obrolan grup. Metodologi Kanban digunakan untuk mengembangkan sistem yang mempromosikan penggunaan papan Kanban untuk memvisualisasikan tahap pengembangan. Sebuah kuesioner dibagikan kepada dosen, mahasiswa untuk menguji sistem dan mengumpulkan pendapat dan saran dari sasaran pengguna untuk menilai apakah sistem memenuhi tujuannya. Manfaat terbesar dari metodologi Kanban adalah kemampuan untuk terus meningkatkan pekerjaan. Ini dapat digunakan di lingkungan kerja apa pun dan sangat bagus dalam situasi di mana pekerjaan tiba secara tidak terduga.

Biografi Penulis

Mukhlis Aryanto, Universitas Pamulang

Bismillah

Referensi

Astuti, R. N., & Fatchan, M. (2019). Perancangan Aplikasi Teknologi Chatbot Untuk Industri Komersial 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SnashTeks) (p. 10). Bekasi: SnashTeks.

Hakim, L., Gustina, S., fadila, S. P., & Faudiah, S. U. (2020). Perancangan Chatbot di Universitas Proklamasi 45. Edumatic, 10.

Hakim, L., Putri, S. F., & Faudiah, S. U. (2020). Perancangan Chatbot di Universitas Proklamasi 45. 10.

I, H. A., & Y, Y. (2017). Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web . Jurnal Manajemen Informatika, 94-100.

Kirlyana, B., & Rosydiana, S. (2016). Sistem Informasi Penjualan Sepatu Handmade. 10.

Masdar, R., & Lianto, R. (2018). Perancangan Aplikasi Penjualan Sepatu Berbasis Web pada Zashkiya Shoes Pontianak. 12.

N, A. R., & M, F. (2019). Perancangan Aplikasi Teknologi Chatbot Industri Komersial 4.0. 10.

Ramadhan , D. F., Noertjahjono, S., & Irawan, J. D. (2019). Penerapan Chatbot Auto Reply Pada Whatsapp Sebagai Pusat Informasi Praktikum Menggunakan Artificial Intellegence Markup Language. 8.

Ramadhan, D. F., Noertjahjono, S., & Irawan, J. D. (2019). Penerapan Chatbot Auto Reply Pada Whatsapp Sebagai Pusat Informasi Praktikum Menggunakan Artificial Intelegence Markup Language. JATI(Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Suryana, R., Aryanto, M., Kurniawan, R., Satmata, K. S. G. P., Yulianti, Y., & Saifudin, A. (2022). Pengembangan Kecerdasan Buatan Whatsapp Chatbot untuk Mahasiswa. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 5(1), 37–46. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/15487