Pengembangan Kecerdasan Buatan Whatsapp Chatbot untuk Mahasiswa
Kata Kunci:
Chatbot, Metodologi Kanban, VenomBot, WhatsAppAbstrak
Chatbot adalah program komputer berbasis kecerdasan buatan yang dapat melakukan percakapan melalui audio atau teks. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menganalisis jenis-jenis kecerdasan buatan pada bentuk chatbot dan kemungkinan penggunaannya sebagai media komunikasi berbasis chatbot. Saat ini, praktik di sebagian besar adalah mahasiswa perlu berkonsultasi dengan dosen pusat atau mencari melalui situs web resmi untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan. Namun, proses memperoleh informasi yang dibutuhkan dapat memakan waktu beberapa waktu mulai dari menit hingga jam dan terkadang tidak konsisten karena pertanyaan dijawab oleh yang berbeda anggota staf universitas. Ada grup chat WhatsApp bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan dosen pusat, tetapi grup chat bisa kewalahan oleh pertanyaan karena jumlah anggota yang sangat besar sehingga menyebabkan pesan penting menjadi diabaikan. Dalam upaya untuk mengatasi tantangan ini, kami mengembangkan WhatsApp chatbot untuk mengatasi masalah ini dengan menawarkan platform terpusat dari komunikasi bagi mahasiswa dan dosen untuk melakukan berbagi informasi melalui pesan WhatsApp. Komunikasi dalam bentuk pesan yang dipersonalisasi antara chatbot dan pengguna sehingga menyelesaikan masalah pesan luar biasa yang ditimbulkan oleh obrolan grup. Metodologi Kanban digunakan untuk mengembangkan sistem yang mempromosikan penggunaan papan Kanban untuk memvisualisasikan tahap pengembangan. Sebuah kuesioner dibagikan kepada dosen, mahasiswa untuk menguji sistem dan mengumpulkan pendapat dan saran dari sasaran pengguna untuk menilai apakah sistem memenuhi tujuannya. Manfaat terbesar dari metodologi Kanban adalah kemampuan untuk terus meningkatkan pekerjaan. Ini dapat digunakan di lingkungan kerja apa pun dan sangat bagus dalam situasi di mana pekerjaan tiba secara tidak terduga.Referensi
Astuti, R. N., & Fatchan, M. (2019). Perancangan Aplikasi Teknologi Chatbot Untuk Industri Komersial 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SnashTeks) (p. 10). Bekasi: SnashTeks.
Hakim, L., Gustina, S., fadila, S. P., & Faudiah, S. U. (2020). Perancangan Chatbot di Universitas Proklamasi 45. Edumatic, 10.
Hakim, L., Putri, S. F., & Faudiah, S. U. (2020). Perancangan Chatbot di Universitas Proklamasi 45. 10.
I, H. A., & Y, Y. (2017). Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web . Jurnal Manajemen Informatika, 94-100.
Kirlyana, B., & Rosydiana, S. (2016). Sistem Informasi Penjualan Sepatu Handmade. 10.
Masdar, R., & Lianto, R. (2018). Perancangan Aplikasi Penjualan Sepatu Berbasis Web pada Zashkiya Shoes Pontianak. 12.
N, A. R., & M, F. (2019). Perancangan Aplikasi Teknologi Chatbot Industri Komersial 4.0. 10.
Ramadhan , D. F., Noertjahjono, S., & Irawan, J. D. (2019). Penerapan Chatbot Auto Reply Pada Whatsapp Sebagai Pusat Informasi Praktikum Menggunakan Artificial Intellegence Markup Language. 8.
Ramadhan, D. F., Noertjahjono, S., & Irawan, J. D. (2019). Penerapan Chatbot Auto Reply Pada Whatsapp Sebagai Pusat Informasi Praktikum Menggunakan Artificial Intelegence Markup Language. JATI(Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ruly Suryana, Mukhlis Aryanto, Rizki Kurniawan, Kyash Sabda Gusti Prabu Satmata, Yulianti Yulianti, Aries Saifudin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms